7 Rahasia Hidup Bahagia dan Sehat

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
7 Rahasia Hidup Bahagia dan Sehat

Resep hidup bahagia – Kita semua ingin hidup bahagia dan sehat. Tapi, kita tidak selalu memiliki kontrol terhadap hal yang terjadi pada diri kita. Meski begitu, kita harus bersyukur atas banyak hal dalam hidup. Dan ada beberapa hal yang Anda bisa kontrol setiap harinya untuk memastikan Anda bahagia dan sehat.

Bila Anda membiasakan 7 hal berikut setiap hari, Anda akan memiliki kualitas hidup yang lebih baik:

Ulangi afirmasi positif

7 Rahasia Hidup Bahagia dan Sehat

Photo credit: i.stack.imgur.com

Tiap orang diprogram sejak lahir dengan seluruh skenario yang perlu dijalani.  Masalahnya adalah sebanyak 75 persen dari kita berpikir negatif. Yang sangat disayangkan, kebanyakan orang tidak menyadari kekuatan luar biasa yang ada dalam pikiran kita sendiri. Atau kita tidak menyadari kalau kita bisa mengubah hidup hanya dengan mengubah bagaimana kita bicara pada diri sendiri.

Afirmasi bekerja dengan membantu Anda menghindari kerusakan yang disebabkan oleh pemikiran negatif, berupa kata yang kita ulangi berkali-kali pada diri sendiri, atau yang orang lain selalu beritahu ke kita, yang menimbulkan persepsi negatif pada diri sendiri.

Tahukah Anda, dengan memastikan Anda menghindari pola pikir negatif dan memilih mengulangi afirmasi positif, Anda bisa merasa lebih bahagia dan ini mengubah hidup Anda. Tidak hanya itu, Anda bisa menarik atau merasakan kesempatan dan situasi positif. Anda bisa lebih kreatif dengan afirmasi ini, dan menenangkan diri sendiri tentang apapun yang membuat Anda merasa gelisah.

Anda bahkan bisa mengatakan pada diri sendiri hal yang belum menjadi kenyataan, tapi Anda berharap akan terwujud dengan terus melakukan afirmasi. Beberapa contohnya antara lain dengan meyakinkan diri, “Saya cinta dan terima diri saya sepenuhnya dan apa adanya.” Atau  “Saya bisa lakukan apa yang saya inginkan, saya kuat dan bertekad kuat.”

Lebih banyak tertawa

Rahasia Hidup Bahagia dan Sehat

Photo credit: farm5.staticflickr.com

Mungkin kita pernah diberitahu kalau tertawa adalah obat terbaik, dan ini memang benar. Selera humor jadi alat yang kuat dan bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit, menurunkan stres, dan banyak lagi.

Anda merasa tegang?  Tertawa bisa membuat otot rileks dan membuat Anda merasa demikian hingga 45 menit setelahnya. Endorphin juga terlepas, yang bekerja ketika tubuh merasa di mood yang baik. Tertawa juga punya banyak manfaat untuk kesehatan fisik, tapi bagian yang terbaik adalah tertawa terasa menyenangkan.

Olahraga secara teratur

Rahasia Hidup Bahagia dan Sehat

Photo credit: naturallyyoursmd.com

Ada banyak sekali penelitian yang menunjukkan kalau orang yang berolahraga secara teratur memperoleh manfaat tidak hanya berupa tubuh yang sehat tapi juga pikiran yang sehat. Ini adalah efek endorphin, pelepasan perasaan baik ke tubuh memberi Anda mood positif dan menurunkan tingkat depresi.

Anda tidak perlu habiskan waktu berjam-jam di pusat kebugaran untuk mendapat manfaat ini. Yang Anda butuhkan adalah menyertakan olahraga di aktivitas keseharian. Anda bisa berjalan kaki, bersepeda di tempat yang indah, atau berlatih teknik renang. Anda bahkan bisa lakukan olahraga di rumah. Apapun yang jadi pilihan Anda, olahraga bagus untuk fisik dan mental.

Beberapa manfaat terbesar dari latihan fisik antara lain:

  • Mencegah penambahan berat badan dan membantu penurunan berat badan
  • Menurunkan stres
  • Menghindari kecemasan dan depresi
  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Meningkatkan kualitas tidur.

Temukan rahasia hidup sehat, sukses, dan bahagia menggunakan kekuatan pikiran!!

Melakukan hobi

Rahasia Hidup Bahagia dan Sehat

Photo credit: banfflakelouise.com

Kadang rutinitas keseharian bisa terasa monoton, terutama bila Anda sibuk dengan hal yang itu-itu saja. Melakukan sesuatu yang berbeda bisa memberi Anda mood booster, dan satu cara terbaik adalah dengan mempelajari skill baru.

Hobi memberi Anda jeda dari kehidupan sehari-hari untuk melakukan sesuatu yang Anda nikmati. Hobi memberi Anda rasa pencapaian dan membantu mengembangkan skill yang  bisa sangat bermanfaat.

Tantangan baru penting untuk orang di segala umur, dan hobi bisa memberi hal ini. Anda bahkan bisa bertemu orang dan teman baru sambil menikmati hobi. Penelitian juga telah membuktikan kalau hobi memberi manfaat fisik, seperti menurunkan tekanan darah dan indeks massa tubuh jadi lebih sehat.

Interaksi langsung bersama teman

Rahasia Hidup Bahagia dan Sehat

Photo credit: trawickinternationalnews.com

Anda mengirim pesan Whatsapp ke teman dan mengirim update status ke 300 teman di Facebook, tapi kapan terakhir kali Anda bertemu seseorang secara langsung untuk makan siang bersama? Tidak ada yang salah dengan media sosial, yang bisa jadi cara Anda berkomunikasi, tapi bila Anda merasa sendiri, solusi tidak bisa ditemukan hanya melalui online.

Bertemu seseorang melalui layar monitor tidak sama tingkat keintimannya seperti kontak tatap muka, dan ini bisa membuat Anda merasa lebih tidak terhubung.

Ada kebutuhan mendalam untuk punya rasa memiliki yang datang ketika terjalin interaksi personal dengan teman. Jangan biarkan kehidupan Anda di dunia nyata merana. Temui orang secara langsung setidaknya satu kali dalam seminggu dan hidup bahagia jadi milik Anda.

Baca artikel lainnya tentang kursus digital marketing murah.

Luangkan waktu lebih banyak di alam

Rahasia Hidup Bahagia dan Sehat

Photo credit: prosveta-usa.com

Orang-orang sekarang tidak banyak menghabiskan waktu di luar ruangan seperti orang zaman dulu. Kebanyakan kita bekerja seharian di kantor lalu pulang ke rumah dan menghabiskan waktu duduk di depan televisi atau berkumpul bersama teman di situs media sosial.

Udara segar penting untuk kesehatan fisik dan mental. Para ahli mengatakan kalau berjalan kaki di alam terbuka seperti pegunungan bisa sangat bermanfaat. Penelitian menunjukkan kalau orang merasa lebih tenang dan berkonsentrasi lebih baik setelah menghabiskan waktu di alam.

Detak jantung dan tekanan darah jadi lebih baik, kita memperoleh peningkatan hormon bahagia serotonin dari tiap oksigen yang  kita hirup dan olahraga berjalan kaki sebenarnya membantu pencernaan. Jadi Anda merasa lebih ringan dan kurang mungkin merasa berat atau kembung setelah makan.

Terlebih lagi, olahraga ringan di area terbuka meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hidup bahagia dengan banyak bersyukur

Rahasia Hidup Bahagia dan Sehat

Photo credit: cdn-images-1.medium.com

Sangat mudah merasa berat dan dikhianati oleh hidup karena kita tinggal di lingkungan yang mendefinisikan keberhasilan dan kebahagiaan dengan memiliki uang banyak, punya rumah besar, mobil bagus, dan lebih banyak barang dibanding tetangga.

Kita menghabiskan banyak waktu mengejar hal yang kita kira kita inginkan dalam hidup sehingga terlalu sering kita lupa menikmati momen saat ini. Kita lupa bahagia dan kita lupa betapa kita berkecukupan dan lupa mengucap syukur untuk apa yang kita miliki.

Berlatih mengucapkan terima kasih dan bersyukur bisa secara dramatis meningkatkan kualitas hidup Anda. Penelitian telah menunjukkan kalau berlatih bersyukur bisa membuat hidup bahagia meningkat hingga 25 persen. Orang yang berlatih bersyukur cenderung lebih kreatif, serta bisa berpindah dari tantangan hidup dengan lebih mudah. Mereka juga punya sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan mengembangkan hubungan sosial lebih kuat dibanding mereka yang tidak bersyukur.

Rasa syukur membuat kita berkecukupan, bahkan merasa lebih. Rasa syukur mengubah rumah jadi syurga dan orang asing jadi teman.

Bagaimana menurut Anda? Apa tips Anda untuk bisa hidup bahagia dan lebih sehat? Apa yang Anda lakukan yang membawa senyum di wajah Anda dan orang lain? Bagikan pengalaman Anda kepada kami.

 

Share This Article

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
There are currently no comments.

PT. RATAKAN MEDIA KREASI

Perum Gentan Citra Indah Blok H-6 

RT. 03 RW. 14, Sukoharjo, JAWA TENGAH 57556 Indonesia

[email protected]