Strategi Marketing Video Youtube

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
Video YouTube Marketing

Video YouTube Marketing

Halo Ratakaners apa kabar hari ini ?
Di kesempatan kali ini kita akan membahas tentang strategi marketing dengan menggunakan Youtube.
YouTube dicipakan pada tahun 2005, Youtube merupakan situs video sharing terbesar di dunia dan jutaan orang didunia setiap harinya mengakses youtube. Trafik yang besar inilah yg membuat video marketing di Youtube sangat powerfull.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk memaksimalkan Strategi marketing Youtube Anda.
1. Membuat Akun YouTube
Silahkan daftar email dari google (gmail). Jika anda sudah memiliki anda bisa login ke akun Google anda (gmail), setelah itu buka situs www.youtube.com.Langkah berikutnya adalah membuat Channel untuk akun YouTube Anda. Klik link “My Channel” yang ada di sebelah kiri. Nanti akan muncul pilihan, apakah kita akan menggunakan nama asli (nama sewaktu mendaftar email) atau menggunakan nama lain sebagai nama Channel di Youtube. Anda bisa gunakan nama lain sebagai nama Channel YouTube, misalnya nama domain website Anda atau nama khusus. Klik link “To use a business or other name, click here”, nanti anda akan diarahkan ke halaman baru.

2. Upload Video Secara Rutin
Youtube sendiri menginginkan kerjasama jangka panjang dengan para mitranya dan Youtube sangat menghargai mereka yang secara teratur mengupload video baru. seringlah-seringlah mengupload video anda karena hal ini akan menjadi nilai lebih di mata youtube

3. Pastikan Video Anda Tidak Melanggar Hak Cipta
Youtube sangat menjunjung tinggi hak cipta, jika anda ingin mengupload video, pastikan anda tidak melanggar hak cipta, jika Anda melanggar hak cipta maka youtube tidak segan-segan akan menghapus video-video yang sudah anda upload, tentu Anda tidak mau hal ini terjadi kan ?

4. Tingkatkan Popularitas Channel YouTube Anda
Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan popularitas Channel YouTube. Diantaranya adalah:
Seringlah mengupload video yang bermanfaat, unik, menarik dan berkualitas baik. Sebaiknya video yang anda upload memiliki resolusi yang baik dan tampilannya jelas tidak pecah-pecah.

5. Perbanyak dan Kembangkan Audiens Video Anda
Rajin-rajinlah share video atau Channel YouTube Anda ke media sosial, seperti facebook, twitter, G+, dll. Jika konten video anda benar-benar bagus, maka viewer dan subscriber tidak sungkan-sungkan men-share video anda diakun media sosial mereka.
Dengan banyaknya share yang terjadi maka dengan mudah video Anda akan mendapat banyak ‘view’

Berikut ini strategi marketing youtube yang bisa anda terapkan :
1. Buatlah nama channel yang sesuai dengan kata kunci yang menjadi target anda. Gunakan kapitalisasi dalam nama channel sehingga jelas. Jika Anda memulai saluran YouTube tentang hijab, TutorialHijab adalah nama channel yang lebih baik daripada Hijab123.
2. Masukkan judul untuk channel tersebut. Secara default nama saluran juga merupakan judul dari channel tetapi anda dapat mengeditnya dalam pengaturan channel.
3. Masukkan link ke website anda dalam channel. YouTube memungkinkan menambahkan lebih dari satu link di sidebar channel anda.
4. Saat meng-upload video, masukkan tag dengan hati-hati. Masukkan kata kunci kompetisi rendah. Kata kunci ini dapat ditemukan diluar dari AdWords Keyword Tool. Anda juga dapat memasukkan tag dari video lainnya sehingga video anda akan muncul video yang terkait saat video tersebut ditonton.
5. Jika Anda membuat video dengan slide dan pengisi suara menggunakan PowerPoint atau Keynote, pastikan bahwa anda memiliki latar belakang custom unik untuk slide anda. Background dapat berisi URL situs anda pada sudut kanan atas atau sudut kanan bawah. Dengan teknik ini anda bisa mendapatkan pengunjung bahkan jika video anda ditampilkan di situs lain terlebih saat deskripsi anda dan link di dalamnya tidak muncul.
6. Jika Anda membuat video screencast, mencoba merekam layar pada 640 × 360 (16: 9) sehingga video tidak muncul dan kabur. Jika anda tidak dapat melakukannya di 360p, anda dapat membuatnya di 480p (854 × 480). Jangan meng-upload video screencast di 720p kecuali jika anda tidak memiliki pilihan lain.
7. Gunakan anotasi di video Anda. Anda dapat menghubungkannya untuk berlangganan halaman, halaman saluran, video YouTube lain atau hanya meminta pengunjung untuk mengunjungi URL anda untuk informasi lebih lanjut. Perhatikan bahwa anda hanya dapat menggunakan YouTube link internal di anotasi, menghubungkan eksternal tidak diperbolehkan.
8. Manfaatkan tren YouTube. Anda bisa meningkatkan viewer pada video anda Anda dapat membuat video untuk niche anda terkait dengan video tren. Coba lihat YouTube-trends.Blogspot.com untuk melihat video trending terbaru.
9. Upload video berkualitas tinggi secara konsisten
10. Jangan terlalu agresif dengan pemasaran di YouTube.
11. Jangan meng-upload video lebih dari 10 menit. rentang perhatian dari pengguna di YouTube sangat rendah. Dalam pengalaman saya 1-2 menit video paling baik untuk YouTube. Jika Anda memiliki sesuatu yang signifikan untuk disampaikan ada baiknya anda membagi video menjadi 2-5 bagian dan upload dengan kata kunci dengan judul yang unik. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan lebih banyak pemirsa untuk video anda.
12. Video kontroversial menarik banyak perhatian di YouTube. Namun pastikan untuk menyediakan beberapa konten berkualitas setelah anda menarik pemirsa menggunakan judul yang kontroversial.
13. Sering-seringlah meninggalkan komentar di video yang terkait dengan video yang anda miliki
14. Setiap video yang anda upload memenuhi syarat untuk menjadi respon video ke beberapa video lainnya. Temukan beberapa video terkait di niche anda, anda bisa mengeposkan tanggapan video menggunakan salah satu video anda.
15. Usahakan akun Google terpisah untuk channel YouTube anda sehingga bahkan jika akun anda akan dibanned, fitur atau layanan lainnya tidak terpengaruh.

Kita bisa menggunakan video youtube untuk berbagai macam promo, mulai dari Online shop, Affiliate, Adsense dan lain sebagainya

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan youtube Marketing Anda
Jika anda ingin serius mendalami tentang Youtube Marketing, Anda dapat mempelajarinya secara lengkap di SINI.

Share This Article

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
There are currently no comments.

PT. RATAKAN MEDIA KREASI

Perum Gentan Citra Indah Blok H-6 

RT. 03 RW. 14, Sukoharjo, JAWA TENGAH 57556 Indonesia

[email protected]