10 Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis

memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis

 

Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis – Hidup di zaman yang serba teknologi ini memungkinkan apapun yang dilakukan menjadi lebih mudah dan cepat, jika dulu orang hanya berkomunikasi secara langsung, maka dengan ditemukannya berbagai macam alat elektronik membuat komunikasi semakin luas, apalagi dengan adanya internet, seakan tidak ada batasan antara satu orang dengan yang lainnya, mereka cenderung berkomunikasi melalui media sosial yang seakan menjadi kebutuhan yang tak bisa dilepaskan dari kaum muda. Hal ini pula yang menguntungkan pelaku bisnis, mereka dengan mudah mempromosikan barang dagangannya melalui media sosial, seperti facebook, twitter, dan juga instagram.

Salah satu cara pemasaran yang paling efektif saat ini adalah dengan menggunakan instagram. Media sosial yang satu ini memang awalnya diciptakan hanya untuk mengupload gambar-gambar, tetapi sekarang ini gambar yang di upload paling banyak adalah produk yang dikomersilkan. Hingga saat ini tercatat lebih dari 300 juta pengguna media sosial ini. Angka yang sangat Fantastis. Mengingat Media sosial ini termasuk baru. Banyak orang yang tertarik untuk memulai usaha online dengan memanfaatkan media sosial yang satu ini, bahkan anda juga bisa memulai bisnis online anda sendiri dengan memanfaatkan media sosial instagram.

1. Mengunggah Foto
Teruslah mengunggah foto-foto dan juga aneka informasi mengenai sesuatu atau hasil karya yang ingin anda jual. Hal ini untuk menjaga agar followers tetap melirik bisnis anda. Lakukanlah setiap waktu karena hasil karya anda dapat lebih mudah dikenal dan terus diingat oleh para followers anda di Instagram. selain Jumlah foto, perhatikan juga kualitas foto yang akan Anda unggah

2. Penggunaan Hastag
Setiap kali anda mengunggah foto-foto ke dalam akun Instagram, jangan lupa untuk menggunakan hashtag (#). Untuk mengundang rasa penasaran dari para followers anda, maka gunakanlah hastag yang unik. Memperbanyak hashtag juga bisa membuat anda menjadi trending topic.
Ini adalah cara untuk membuat foto anda lebih mudah untuk ditemukan dan cobalah untuk mencari hastag yang relevant namun juga menjadi trending menarik di instagram. Anda bisa memanfaatkan beberapa tool online untuk mencari hastag yang populer agar foto anda bisa muncul lebih sering dan diakses oleh banyak orang.

Baca juga  Menu Add To Chart

3. Strategi Promosi
Beberapa strategi promosi di Instagram yang bisa anda coba lakukan adalah dengan memberikan diskon atau pun barang gratis kepada para followers. Setelah itu, mintalah mereka untuk mengunggah foto karya anda beserta dengan hashtag. Dengan cara itu maka akan mengundang rasa ingin tahu dari orang-orang yang belum tahu tentang bisnis anda.

4. Logo
Untuk semakin mengembangkan bisnis lewat Instagram yang sedang anda geluti, maka saat seorang konsumen membeli produk anda jangan lupa untuk memberikan kartu nama atau pun stiker berbentuk logo atau bertuliskan nama bisnis anda. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga hubungan baik dengan konsumen dan jika teman dari konsumen yang membeli produk tersebut membutuhkan kontak anda, maka ia bisa memberikannya dengan mudah.

5.Follow sebanyak-banyaknya
Banyak orang yang enggan untuk memfollow lebih dulu. Namun ketika kita bicara tentang bisnis pada umumnya, jangan pernah sungkan. Anda dapat berinisiatif untuk follow calon pelanggan terlebih dahulu. Sehingga mereka bisa mencari tahu siapa kita dari foto-foto milik kita ketika kita memfollow mereka.

6. Gunakan nama akun yang mudah diingat dan menarik
Ketika Anda memilih nama akun untuk berbisnis melalui sosial media seperti Instagram, maka Anda perlu memperhatikan pemilihan nama akun Anda. Karena bagaimanapun, nama yang mudah diingat dan menarik adalah nama yang akan dicari calon pembeli ketika mereka tertarik dengan produk kita. Hindari penggunaan kata-kata alay untuk nama akun anda.

7. Stabil dalam memposting
Pelihara followers Anda dengan tetap terlibat dan mengambil perhatian pengikut baru dengan membagikan (posting) foto-foto produk bisnis Anda ke Instagram setiap hari. Posting beberapa foto produk bisnis Anda jika memungkinkan setiap hari. Jika tidak memiliki foto yang cukup unik, bertukar foto menarik lainnya secara online bisa Anda lakukan. Beri keterangan (quote) yang efektif karena pengguna yang tertarik dengan foto dan quote Anda cenderung akan memberikan komentar dan membagikan (tag) ke teman-temannya sehingga meningkatkan visibilitas profil Instagram bisnis Anda.

Baca juga  Apa Itu Produk Digital?

8. Aktif dan Responsif terhadap customer
Aktif dan responsif merupakan syarat utama yang harus anda miliki jika anda ingin menarik minat banyak orang. Dengan menjadi responsif terlebih jika terdapat pertanyaan atau komentar pada foto anda, anda harus cepat tanggap dan ramah. Selain itu informasi yang anda berikan pada pertanyaan pertanyaan atau komentar seputar foto yang anda miliki akan membuat orang lebih banyak mengenal dan mengetahui produk yang anda tawarkan. Cara ini terbukti efektif untuk meningkatkan penjualan serta menambah pelanggan baru.

9. Menggunakan SFS (shoutout for shoutout)
SFS adalah suatu kondisi dimana sesama online shop saling mempromosikan satu sama lain. Dengan demikian followers suatu online shop akan memperoleh informasi mengenai online shop terpercaya lainnya melalui publikasi yang dilakukan si online shop pertama tersebut. Cara ini memang sangat hemat dan mudah serta dapat mempererat hubungan antar pemilik online shop. Cara ini juga dapat meningkatkan follower anda. Bila follower anda banyak maka pembeli anda pun akan bertambah banyak. Dan yang terpenting kalian terpercaya oleh customer.

10. Share testimoni
Agar usaha anda terpercaya oleh follower anda, usahakan untuk melakukan share foto-foto testimoni dari pelanggan anda yang telah menerima barang anda dengan komentar yang sangat memuaskan, itu akan menambah rasa percaya dari followers anda kepada produk yang anda jual.

Beberapa cara diatas dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan usaha/produk Anda agar lebih dikenal oleh banyak orang dan semakin berkembang. Ini cara simple yang akan menberikan hasil yang sangat besar.

Cukup mudah bukan? Semoga informasi singkat yang mengangkat tips sukses Cara memaksimalkan bisnis online melaui instagram ini bisa memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca dan menginspirasi para pemula di dunia maya untuk bisa mempromosikan produk-produknya secara optimal.  Maju terus Bisnis Online Indonesia dan salam sukses!

Tinggalkan komentar