5 Platform untuk Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Bisnis Online merupakan bisnis yang saat ini banyak digandrungi oleh semua kalangan di Indonesia. Mulai dari ibu-ibu. bapak-bapak, bahkan para pelajar dan mahasiswa sudah menjajal bisnis online. Rasanya, bisnis apapun sekarang bisa di online kan. Jika awalnya bisnis online dijadikan sebagai side hustle oleh sebagian orang.

Namun saat ini tidak jarang kita bisa melihat para pengusaha sukses yang menjadikan bisnis online sebagai pekerjaan utama mereka dan menjadikan bisnis online sebagai bisnis yang menguntungkan.

Berdasarkan hasil lembaga konsultan dunia, Price Waterhouse Cooper (PWC), Indonesia di tahun 2045 diprediksi akan menjadi negara ekonomi terkuat ke-4 di dunia, setelah China, Amerika dan India.

Dan berdasarkan hasil studi Polling Indonesia yang bekerja sama dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Di tahun 2019 ini saja, jumlah pengguna internet di Indonesia mengalami peningkatan sebesar 10,12% atau sebanyak 171,17 juta dari 264 juta jiwa penduduk di Indonesia sudah terhubung ke internet.

Jumlah tersebut setara dengan 64,8% dari jumlah penduduk di Indonesia. Jika melihat data-data tersebut, tidak heran rasanya jika banyak orang yang berlomba-lomba untuk memulai bisnis online.

Mengapa Bisnis Online Sangat Diminati?

  1. Trend Pengguna Internet Semakin Meningkat

Sangat rugi sekali jika kita tidak memanfaatkan trend yang sedang terjadi. Dengan memanfaatkan trend ini tentunya kita bisa mendapatkan dan meningkatkan jumlah audiens yang pada akhirnya juga bisa meningkatkan keuntungan kita.

  1. Fleksibel

Bisnis online merupakan bisnis yang dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja dengan menggunakan perangkat dan koneksi internet tentunya.

  1. Bisnis Online Dapat Dimulai dengan Tanpa Modal

Ada banyak sekali bisnis online yang bisa kita mulai bahkan dengan tanpa modal sekalipun. Jika penasaran, baca artikel ini sampai akhir yaa Ratakaners 😊

  1. Target Pasar Luas

Internet menghubungkan kita dengan siapa saja dan dimana saja tanpa batas. Tidak ada batasan siapa pelanggan kita dan dari dimana pelanggan kita.

Bagaimana? Apakah Anda sudah tertarik untuk memulai bisnis online? Jika iya, yuk simak platform apa saja yang bisa kita manfaatkan untuk berbisnis online.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Penghasilan dari Bisnis Online dengan Mudah dan Cepat

Lima (5) Platform untuk Memulai Bisnis Online

1. Marketplace

Tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah marketplace, mengingat begitu banyaknya marketplace yang dibilang cukup terkenal di Indonesia. Marketplace sudah mengambil peran penting dalam bisnis e-commerce di Indonesia.

Lalu, sebenarnya apasih pengertian dari marketplace itu? Dan seberapa ampuh pengaruh marketplace untuk bisnis kita?

Marketplace adalah sebuah website atau aplikasi online yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli dan bertindak sebagai pihak ketiga yang memfasilitasi terjadinya proses jual beli. Disini tugas dari marketplace sendiri adalah menyediakan tempat berjualan dan memberikan fasilitas pembayaran.

Dengan alasan tersebut, saat ini banyak sekali pelaku bisnis online yang memanfaatkan marketplace untuk berjualan, marketplace membantu mereka untuk terhubung dengan pelanggan.

 

Marketplace Terbaik dan Terbesar di Dunia

Jika berbicara tentang marketplace terbesar di dunia, pasti yang pertama kali muncul di kepala kamu adalah Amazon, right? 😀

Tapi sebenarnya tidak hanya Amazon lho, masih ada marketplace-marketplace besar lainnya. Agar kamu tidak penasaran, berikut adalah list marketplace besar yang sudah mendunia.

a. Amazon

Yaap, Amazon. Amazon adalah salah satu situs marketplace terbesar dan paling terkenal di dunia. Didirikan oleh Jeff Bezos pada tahun 1995, Amazon menjadikan pria berkepala plontos ini menjadi orang terkaya di dunia tahun 2019 versi majalah Forbes. Bermula dari menjual buku, saat ini Amazon menjual berbagai macam barang di website miliknya, mulai dari makanan, pakaian, buku, alat elektronik, dan masih banyak lagi.

b. Alibaba

Alibaba merupakan perusahaan e-commerce raksasa dari Negara Tirai Bambu Cina. Alibaba didirikan pada tahun 1999 oleh Jack Ma. Dibentuk dengan penuh perjuangan, saat ini Alibaba sudah memiliki ratusan juta pelanggan dan jutaan penjual di situs marketplacenya.

Bahkan 80% dari pasar online marketplace di Cina sudah diakusisi oleh Alibaba. Tidak hanya itu, salah satu marketplace terbaik di Indonesia yaitu Lazada sudah dibeli sahamnya oleh Alibaba senilai $1 Miliar, dan baru-baru ini Alibaba juga berinvestasi sebesar 14 Triliun ke Tokopedia.

c. Ebay

Perusahaan Ebay berasall dari Amerika dan didirikan oleh Pierre Omdiyar pada tahun 1995. Berbeda dengan marketplace sebelumnya, Ebay tidak hanya sebagai situs belanja yang menjual berbagai jenis produk di seluruh dunia. Tetapi situs ini juga menyediakan lelang online. Seperti marketplace-marketplace besar sebelumnya, pengguna eBay juga sudah mencapai ratusan juta.

 

Marketplace Terbesar di Indonesia

Jika di pembahasan sebelumnya kita membahas mengenai marketplace terpopuler di dunia, kali ini kita akan mengerucut ke dalam negeri. Di Indonesia sendiri ada banyak marketplace popular yang pastinya sudah sering kamu dengar, atau bahkan kamu sudah pernah melakukan pembelian di marketplace tersebut

Dikutip dari iPrice, berikut adalah daftar 10 e-Commerce yang merajai pasar Indonesia di kuartal I 2019 :

a. Tokopedia

Didirikan oleh Tanuwijaya pada tahun 2009, saat ini Tokopedia merupakan marketplace online berstatus unicorn terbesar di Indonesia. Tokopedia menjual segala jenis barang mulai dari pakaian, tas, HP, dan lain-lain. Per kuartal I 2019, rata-rata kunjungan di situs ini mencapai 137.200.900 per bulan.

Ada kisah inspiratif dari salah satu seller tokopedia yang bisa menginspirasi kita, yaitu Ibu Irulia, seorang dosen IT di salah satu universitas swasta yang memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan memilih membuka toko online dengan nama Irulia Shop. Irulia Shop menjual beragam baju gamis dan saat ini sudah memiliki Gudang tekstil sendiri serta memiliki beberapa karyawan.

Kisah selengkapnya : https://seller.tokopedia.com/edu/cerita-sukses-power-merchant/

b. Shopee

Shopee adalah ecommerce asal Singapura yang berdiri pada 2015 dan salah satu cabangnya adalah Indonesia. Perkembangan Shopee sangat cepat karena marketing yang dilakukan sangatlah masif dengan anggaran investor yang tentunya sangat besar.

Salah satu kelebihan Shopee adalah gratis ongkir bagi para pembeli dengan syarat jumlah belanja tertentu dan hal inilah yang disukai oleh para pembeli online di Indonesia. Dengan jumlah kunjungan yang meningkat hingga 117% dibanding pada kuartal I 2018, saat ini shopee memiliki rata-rata kunjungan sebesar 74.995.300 sepanjang kuartal I 2019

Baca Juga : Cara Menghasilkan Income Puluhan Juta Setiap Bulan Hanya dari Shopee

Salah seorang seller Shopee, Joko Purnomo menjadi bukti seberapa berpengaruhnya Shopee sebagai wadah jualannya. Dengan berjualan berbagai souvenir khas Bali, Joko Purnomo mampu meraup omzet hingga Rp. 400 juta per bulan.

Kisah selengkapnya  : https://www.idntimes.com/news/indonesia/sunariyah/kisah-joko-coba-coba-jualan-online-jadi-omzet-rp400-juta-di-shopee

c. Bukalapak

Didirikan oleh Ahmad Zaky pada tahun 2010 yang lalu, kini Bukalapak menjadi salah satu perusahaan dengan perkembangan paling cepat di Indonesia. Bukalapak menyediakan banyak sekali produk murah berkualitas.

Bukalapak sering disebut sebagai saingan terbesar Tokopedia, dengan sama-sama berstatus unicorn rasanya tidak heran jika mereka bersaing begitu sengit. Bukalapak sering memberikan diskon untuk para pelanggannya. Tidak hanya itu, situs ini juga menyediakan berbagai pembayaran, seperti : tagihan listrik, air, dan yang lainnya.

Bukalapak menjamin jika barang tidak dikirim dalam 4 hari kerja oleh pelapak, maka uang akan kembali ke pembeli 100%. Rata-rata jumlah kunjungan website Bukalapak pada kuartal I 2019 mencapai angka 115.256.600 per bulannya.

Melihat banyaknya seller Bukalapak yang sukses, ada kisah sukses remaja berusia 21 tahun yang berhasil mengantongi Rp. 800 juta dari berjualan online di Bukalapak. Mulai berjualan sejak tahun 2016, pemuda ini mendapat keuntungan yang sangat fantastis. Produk yang dijualnya berupa mesin-mesin yang ia modofikasi sendiri.

Kisah selengkapnya : https://www.liputan6.com/tekno/read/3616004/usia-21-tahun-mahasiswa-ini-kantongi-rp-800-juta-dari-jualan-online-di-bukalapak

Selain Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee masih ada banyak sekali marketplace popular di Indonesia, di antaranya : Lazada, Blibli.com, JD.ID, Zalora, dan masih banyak lagi.

 

Marketplace Produk Digital Terbaik di Indonesia

Tidak hanya produk fisik, ada juga marketplace yang menjual produk-produk digital. Ratakan merupakan marketplace produk digital pertama dan satu-satunya di Indonesia. Didirikan sejak tahun 2014, kini Ratakan sudah memiliki puluhan ribu member dengan ribuan produk digital yang sudah dijual di Ratakan.

Tidak hanya produk digital, kini Ratakan sudah mengembangkan bisnisnya sebagai marketplace yang menjual produk jasa dan event. Ratakan tidak hanya mencakup pemilik produk dan pembeli, namun Kamu juga dapat bertindak sebagai affiliate yang mempromosikan produk-produk yang dijual di Ratakan. Jangan khawatir jumlah komisi produk digital terhitung lebih besar jika dibandingkan produk fisik.

Tonton Juga : Video Panduan Bisnis Affiliate Marketing dengan Potensi Penghasilan Jutaan Rupiah

Berbeda dengan produk fisik yang produknya dikirim langsung ke pelanggan melaui jasa ekspedisi atau semacamnya. Produk digital diakses melalui sebuah link yang dikirim via email. Tentu dengan hal ini, pembeli dapat mendapatkan produk dengan lebih mudah dan lebih sukses.

Nofi Bayu Darmawan merupakan salah satu vendor di Ratakan.com yang meraih omzet hingga Rp 2,8 Miliar, tidak hanya itu produk miliknya yaitu Insightzilla masih bertengger sebagai produk terlaris di Ratakan. Nofi Bayu Darmawan yang juga merupakan pendiri Kampung Marketer adalah sosok inspiratif yang berhasil meraih penghargaan begengsi di Liputan 6 Awards dengan kategori Inovasi.

Kisah selengkapnya  > https://fakta.news/sosok/nofi-bayu-darmawan-inspirator

Bagaimana Ratakaners? Sudah bisa membayangkan seberapa banyak keuntungan yang bisa kamu dapat dari berjualan online? Sabar duluuu, selain marketplace-marketplace diatas, masih ada banyak platform untuk berjualan online dengan mudah. Terus baca sampai akhir yaa 😊

 

2. Facebook

Platform kedua selain marketplace yang cocok untuk Anda berjualan online adalah Facebook. Berdasarkan hasil studi dari CupoNation, Indonesia menempati peringkat keempat dengan jumlah pengguna Facebook terbesar di dunia, dengan 120 juta pengguna.

Tentunya hal tersebut menjadi keuntungan bagi kita, karena semakin besar pengguna facebook maka semakin besar juga audiens yang bisa kita raih. Sebagai social media, Facebook memiliki fitur yang sangat lengkap. Kamu bisa mempromosikan produk Kamu dengan membagikan konten berupa teks, gambar, dan video yang berkaitan dengan produk yang kamu jual.

Selain itu, Facebook juga menyediakan layanan yang sangat ampuh untuk meningkatkan bisnis Anda, yaitu Facebook Ads. Dengan Facebook Ads Anda dapat melakukan promosi sesuai kebutuhan Anda, dan pastinya dapat Anda sesuaikan dengan budget dan target audiens Anda.

 

Keuntungan Beriklan di Facebook :

  • Target Konsumen yang Spesifik

Kamu dapat memilih langsung spesifikasi konsumen dengan beberapa kategori seperti jenis pekerjaan, jenis kelamin, kota, umur, pendidikan, dan masih banyak lagi! Tentunya bisnis Kamu bisa menjangkau target yang tepat.

  • Lebih Fleksibel

Waktu promosi dapat kamu atur sesuai keinginan kamu, misal kamu ingin promosi kamu hanya tampil di hari Sabtu dan Minggu pada jam tertentu. Hal tersebut dapat kamu lakukan di Facebook Ads

  • Lebih Murah

Budget untuk promosi akan terpangkas jauh jika kamu melakukan promosi di media sosial. Bandingkan jika kamu melakukan promosi secara offline, berapa banyak uang yang akan kamu habiskan?

  • Jangkauan Lebih Luas

Melakukan promosi di sosial media memungkinkan kamu untuk meraih pasar yang lebih besar. Mengapa? Jutaan user aktif setiap hari tanpah henti mengakses sosial media.

 

3. Instagram

Sama halnya dengan Facebook, Instagram juga merupakan social media dengan jumlah pengguna yang sangat besar. Dan Indonesia menempati peringkat ke 4 dengan jumlah pengguna Instagram terbesar di dunia.

Dengan jumlah pengguna yang besar tersebut, Kamu menjadi lebih mudah untuk menjangkau audiens. Dengan adanya sistem followers pada Instagram, kamu juga bisa memanfaatkan pengguna dengan follower banyak untuk mempromosikan produk kamu.

Strategi promosi ini biasa kita sebut endorse. Terbukti, strategi endorse ini sangat efektif untuk meningkatkan penjualan.

Fakta Tentang Pengguna Instagram di Indonesia

  1. Di Asia, Indonesia berada pada urutan kedua sebagai penduduk yang paling banyak menggunakan sosial media tersebut. Sedangkan di dunia menduduki posisi ke 4.
  2. Dari tahun ke tahun, pengguna Instagram di Indonesia mengalami peningkatan sebanyak 2 kali lipat.
  3. 89 % pengguna instagram di Indonesia berusia 18-34 tahun. Oleh karena itu, produk jualan Anda bisa menyesuaikan dengan umur pengguna tersebut.
  4. 63 % pengguna instagram di Indonesia berjenis kelamin perempuan. Karenanya, produk jualan Anda bisa dikhsususkan untuk wanita.
  5. 45 % pengguna instagram di Indonesia adalah seorang pembeli aktif. Artinya mereka akan membeli barang-barang yang menarik hati mereka.

Baca Juga : Cara Melejitkan Penjualan di Instagram dengan Promosi Otomatis

Waah, jika melihat data tersebut sepertinya Instagram ampuh sekali yaa buat berjualan online.  Khusus untuk Ratakaners, berikut Kami berikan tips dan trik untuk berjualan di Instagram.

Tips & Trik Berjualan di Instagram

  • Buat Akun Khusus Jualan

Buatlah akun khusus untuk berjualan, gunakan akun bisnis agar akun kamu terlihat lebih professional. Dengan akun bisnis kamu juga dapat memantau traffic dari akun Instagram kamu. Gunakan nama akun yang mengandung “kata kunci” agar akun kamu lebih mudah dicari audiens. Contoh : jika kamu berjualan buku, gunakan akun @jualbuku_solo

  • Mencari Sebanyak Mungkin Followers yang Tertarget

Setelah membuat akun, langkah selanjutnya adalah mencari target audiens yang sesuai dengan produk yang Anda jual. Contohnya, jika Anda menjual buku, Anda bisa mencari target audiens Anda di komunitas penulis, pelajar, mahasiswa dan lain lain-lain yang sekiranya minat dengan buku Anda. Tujuan dari membidik follower tertarget ini adalah untuk tidak membuang banyak waktu dan tenaga.

  • Upload Foto dengan Deskripsi yang Menarik

Foto produk merupakan salah satu hal terpenting yang mempengaruhi pelanggan untuk memutuskan melakukan pembelian atau tidak. Bagaimana tidak, foto seperti gambaran dari produk yang akan dibeli oleh audiens, jika foto kamu terlihat menarik, tentunya audiens akan semakin penasaran dengan produk kamu dan akan membelinya.

Selain foto, kelengkapan deskripsi produk juga bisa menambah informasi ke pelanggan agar pelanggan lebih yakin lagi untuk membeli produk kamu.

  • Gunakan Hashtag yang Sesuai

Penggunaan hashtag sangat penting jika kamu memutuskan untuk berjualan di Instagram. Hashtag berperan menjadi kata kunci yang memudahkan seseorang untuk mencari dan terhubung dengan akun kamu.

  • Upload Testimoni dari Pelanggan Kamu

Testimoni sangat berpengaruh pada keputusan membeli oleh pelanggan. Pelanggan merasa lebih yakin jika produk yang dibeli merupakan produk terpercaya.

  • Lakukan Endorse dan Paid Promote

Endorse merupakan salah satu cara untuk menambah followers dan membuat produk kamu lebih dilirik oleh lebih banyak pelanggan. Untuk meghubungi para selebgram atau akun yang memiliki jumlah followers banyak tergolong mudah. Karena biasanya mereka akan memasang nomor kontak di profil akun mereka.

Harga yang dikeluarkan biasanya bergantung pada jumlah, jenis, dan banyaknya followers. Sehingga siapapun bisa melakukan hal tersebut sesuai dengan budget yang dimilikinya.

  • Melakukan Tag dan Share

Untuk memperkenalkan akun dan produk kamu secara luas, Kamu bisa mencoba trick “tag dan share” kepada konsumen maupun calon konsumen kamu.

  • Giveaway atau Diskon

Giveaway atau diskon diberikan untuk followers kamu yang memang aktiif mengikuti kuis atau sayembara yang kamu lakukan. Cara ini sangat efektif karena biasanya syarat untuk mendapatkan hadiah atau diskon tersebut adalah dengan men-tag teman dari followers kamu.

Secara tidak langsung cara tersebut membantu kamu dalam melakukan promosi kepada setiap orang. Lakukan giveaway pada hari-hari besar atau hari spesial, agar giveaway kamu terlihat lebih menarik.

  • Melakukan Teknik Soft Selling

Cobalah sesekali untuk membangun kedekatan dengan konsumen. Caranya bisa dengan menggunakan teknik soft selling. Yaitu mengupload photo yang berisikan quote ataupun hal lainnya yang bisa membuat kamu berinteraksi dengan para followers kamu.

 

4. Menggunakan Website Sendiri

Selain melalui platform yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda bisa berjualan online menggunakan website kamu sendiri. Kamu bisa menggunakan desain yang sederhana, namun cukup powerfull untuk menarik minat audiens. Untuk konsepnya bisa menggunakan Landing Page dengan disertai form order dan info kontak kamu.

Baca Juga : Cara Cepat & Mudah Membuat Landing Page Profesional 

Berikut Kami berikan contoh layout website yang bisa menjadi inspirasi untuk kamu :

  1. Halaman depan “Home”, bisa diisi dengan “squeeze page” atau halaman pengantar maupun latar belakang mengapa harus menggunakan produk kamu.
  2. Halaman “Tentang Kami”, bisa diisi dengan profil singkat tentang bisnis online kamu.
  3. Halaman “Produk”, diisi dengan foto produk dan deskripsinya, disertai form pemesanan.
  4. Halaman “Blog”, bisa diisi dengan artikel yang berhubungan dengan produk ataupun kegiatan seputar usaha yang dijalankan. Dan menurut saya, setiap website jualan tetap harus memiliki halaman blog untuk mendukung kemudahan pengelolaan SEO supaya website kita mudah ditemukan oleh GOOLGE ataupun mesin pencari lainnya.
  5. Halaman “Cara Pemesanan”, diisi dengan petunjuk cara pemesanan produk, termasuk metode pembayarannya.
  6. Halaman “Kontak”, diisi dengan info pemilik penjual / pemilik produk yang lebih lengkap, seperti alamat toko, nomor yang bisa dihubungi, dan tentunya form kontak.
  7. Bagian “Sidebar” bisa diisi dengan form pemesanan cepat, nomor HP, dan tombol akun social media. Bisa juga ditambahkan dengan link artikel atau produk terbaru supaya orang juga bisa langsung mengeklik info-info tersebut.

 

5. Youtube

Bukan merupakan rahasia lagi jika saat ini YouTube merupakan situs yang paling banyak dikunjungi dari segala jenis usia. Disampaikan oleh CEO Youtube Susan Wojcicki, jumlah penonton bulanan terdaftar (logged-in monthly users) sudah mencapai angka 2 Miliar.

Dan pada kesempatan yang sama Wojcicki menyampaikan bahwa pengguna YouTube menghabiskan sekitar 250 juta jam setiap harinya untuk mengakses dan menyaksikan video-video YouTube dari layar TV setiap harinya.

Tentu dengan adanya data tersebut, banyak sekali Youtuber yang memanfaatkan YouTube sebagai media jualan mereka. Tidak jauh-jauh, kita ambil Atta Halilintar sebagai contohnya.

Baru-baru ini dia mengeluarkan toko AHHA yang menjual jaket AHHA yang menjadi ciri khas Atta Halilintar. Jaket AHHA ini sampai viral dan dan banyak sekali yang berlomba-lomba untuk memiliki jaket youtube tersebut.

Di YouTube saja, video yang diupload Atta Halilintar tentang jaket AHHA itu sudah mencapai 2 Juta views.

 

Baca Juga : Cara Mudah Berjualan di Youtube Tanpa Harus Ribet

Kesimpulan

Memulai bisnis online itu gampang-gampang susah, tergantung niatnya sih hehe. Jika dari awal kita sudah memutuskan bisnis online sebagai pekerjaan kita. Kita harus fokus menjalankannya, mungkin akan terlihat susah di awal karena di luar sana juga banyak sekali orang yang memulai bisnis online.

Gunakan ide dan kreatifitasmu untuk menjadikan bisnismu berbeda. Seperti kutipan Pandji Pragiwaksono. “Sedikit berbeda lebih baik daripada sedikit lebih baik”.

Jadi bagaimana? Sudah tertarik untuk memulai bisnis online?

 

Satu pemikiran pada “5 Platform untuk Memulai Bisnis Online Bagi Pemula”

Tinggalkan komentar

Inilah Kursus Teknik SEO Terlengkap, Rahasia Terdalam dari Dunia SEO Saya Bongkar di Sini. Anda Bisa Dengan Mudah Merangkingkan Kata Kunci Apapun Di Search Engine.