8 Tips Sukses Bisnis Kos-Kosan

Salah satu cara untuk memiliki Passive Income adalah bisnis kos-kosan. Bisnis ini begitu menggiurkan, karena bisa mendatangkan penghasilan pasif puluhan juta perbulan tanpa harus bekerja lagi. Semakin banyak kamar kos yang Anda miliki maka penghasilan Anda bisa semakin besar. Mari kita coba hitung-hitungan sederhana seperti berikut ini.

Misalnya Anda memiliki 20 kamar kos dengan harga sewa kos 700.000/bulan. Berapa omset yang Anda dapatkan?

Omset Anda adalah 20 x 700.000 = 14.000.000/bulan.

Omset sebesar itu bisa Anda dapatkan tanpa harus bekerja keras lagi. Kerja keras Anda cukup sekali saja di awal-awal membangun bisnis kos-kosan ini. Sangat menarik bukan?

Baca Juga : Strategi Sederhana Membangun Channel Penjualan Online OTOMATIS 24 Jam 

Nah, sebelum Anda memulai bisnis ini, Anda perlu tahu dulu tips-tips sukses bisnis kos-kosan. Ada 8 tips yang perlu Anda perhatikan agar bisnis kos-kosan Anda sukses dan menghasilkan passive income hingga puluhan juta perbulan. Berikut ini 8 Tipsnya :

1. Pilih Lokasi yang Strategis

Image Source : Google Image

Hal pertama yang paling penting untuk Anda perhatikan adalah pemilihan lokasi. Pastikan lokasi kos-kosan Anda strategis, yaitu mudah diakses dan dekat dengan target market yang Anda bidik. Misalnya di dekat kampus, kawasan perkantoran, rumah sakit, mall, pabrik, dan sebagainya.

Jika target market Anda adalah para mahasiswa, maka pilih lokasi yang dekat dengan area kampus. Jika target market Anda para pekerja kantoran, pilih lokasi yang dekat dengan perkantoran. Begitu juga jika target market Anda para karyawan / pekerja pabrik, maka pilih lokasi yang dekat dengan kawasan pabrik.

Selain lokasi yang dekat dengan target market, Anda juga harus memperhatikan kemudahan akses ke berbagai fasilitas umum, seperti warung makan, jalan raya, minimarket, dsb. Pemilihan lokasi ini sangat penting, karena target market Anda pasti akan memilih lokasi kos yang dekat dengan tempat mereka beraktivitas sehari-hari.

Baca Juga : 5 Alasan Bisnis Kos-Kosan Banyak Diminati 

2. Siapkan Bangunan yang Nyaman dan Bersih

kos-kosan
Image Source : Google Image

Kenyamanan dan kebersihan kos juga menjadi hal yang penting. Pastikan kos-kosan Anda nyaman, bersih, tidak berisik, atap tidak bocor, dan lain-lain. Anda bisa meminta ke pembantu untuk membersihkan kos-kosan secara rutin agar kebersihan kos tetap terjaga.

Keadaan kos yang nyaman akan membuat semua penghuninya betah dan bisa menjadi penghuni kos yang setia (loyal). Dengan penghuni kos yang loyal, mereka bisa menyewa kamar kos hingga bertahun-tahun tanpa pindah ke kos lain. Tentu hal tersebut sangat menguntungkan bagi Anda, karena Anda akan tetap mendapatkan uang sewa kos dari mereka.

Baca juga  7 Tips Agar Caption Instagram Menarik Perhatian Follower

Anda juga perlu membuat peraturan kos atau tata tertib kos yang mengikat agar keadaan kos bisa terkondisikan dengan baik. Misalnya pintu gerbang ditutup jam 22:00, tidak boleh membawa masuk lawan jenis, tamu yang menginap wajib lapor, dll.

3. Pastikan Lingkungan Kos Aman

Image Source : Google Image

Keamanan menjadi salah satu hal yang sangat penting agar keadaan kos selalu kondusif dan tidak ada rasa khawatir terjadi pencurian dan tindak kejahatan lainnya. Anda bisa merekrut orang untuk menjadi petugas keamanan atau satpam untuk menjaga keamanan seluruh kos.

Atau jika dirasa lingkungan kos sudah cukup aman dan tidak perlu petugas keamanan, Anda juga bisa membuat tata tertib terkait keamanan seperti setelah keluar atau masuk area kos, pintu gerbang kos harus selalu terkunci.

Baca Juga : 7 Sumber Passive Income Ini Bisa Mengalirkan Uang Ke Rekening Anda

4. Sediakan Tempat Parkir yang Cukup Luas

Tepat parkir juga menjadi pertimbangan setiap orang yang mau menyewa kos. Jika tempat parkirnya kurang memadai, misalnya tidak sebanding dengan kapasitas penghuni kos, maka bisa membuat kos Anda kurang laku.

Pastikan luas tempat parkir kos Anda sebanding dengan jumlah penghuni kos. Misalnya jika kamar kos Anda ada 20 kamar, setidaknya tempat parkirnya memuat untuk 20 sepeda motor. Lebih bagus lagi kalau Anda juga menyediakan tempat parkir khusus untuk mobil, karena biasanya ada juga penghuni kos yang membawa mobil, seperti pegawai kantor atau mahasiswa.

5. Berikan Fasilitas yang Memadai

Image Source : Google Image

Fasilitas paling dasar yang dibutuhkan setiap penghuni kos seperti kasur, lemari, kamar mandi, dan listrik yang stabil. Pastikan kos-kosan Anda memiliki 4 fasilitas dasar tersebut. Terkait kamar mandi ada 2 pilihan, yaitu kamar mandi dalam yang menyatu dengan kamar kos dan kamar mandi luar yang digunakan bersama.

Silakan Anda bisa memilih mau menyediakan fasilitas kamar mandi dalam atau luar. Biasanya untuk kamar mandi dalam harga sewanya lebih tinggi dari pada kamar mandi luar.

Baca juga  Mau Punya Passive Income? 7 Cara Ini Bisa Anda Coba

Kemudian untuk tagihan listrik juga ada 2 pilihan yaitu :

Pilihan pertama, Anda menarik iuran listrik setiap bulan kepada setiap penghuni kost dan Anda juga yang membayar tagihan listrik ke PLN atau membeli token listrik. Dalam hal ini, Anda bisa menarik uang dengan jumlah tertentu, misalnya 25.000/bulan.

Pilihan kedua, Anda tidak ikut campur terkait tagihan listrik. Semua diserahkan ke seluruh penghuni kos. Dalam hal ini, bisa dipilih salah satu dari penghuni kost untuk menarik iuran listrik dan membayar tagihannya atau membeli tokennya. Misalnya penghuni kos paling senior yang ditunjuk untuk mengurus tagihan listrik ini.

Baca Juga : Tools-Tools Dahsyat untuk Meledakkan Omset Jualan Online

6. Sediakan Fasilitas Extra

Image Source : Google Image

Selain fasilitas dasar berupa kasur, lemari, kamar mandi, dan listrik, Anda juga bisa menawarkan fasilitas-fasilitas extra / tambahan. Misalnya jasa laundry, akses internet via Wifi, dll.

Fasilitas ini diluar harga sewa kos, jadi bisa Anda jadikan sebagai penghasilan tambahan lagi. Lumayan kan? Anda bisa eksplorasi sendiri, kira-kira fasilitas tambahan apalagi yang bisa ditawarkan ke penghuni kos.

Atau jika memungkinkan, Anda bisa memberikan fasilitas tambahan ini secara gratis, misalnya Wifi Gratis. Tetapi kalau tidak memungkinkan diberikan secara gratis, jadikan sebagai fasilitas tambahan yang berbayar.

Layanan atau fasilitas tambahan ini juga bisa memberikan nilai lebih dan meningkatkan daya tawar kos-kosan Anda. Alhasil kos-kosan Anda bisa memenangkan persaingan, laris manis dan full penghuninya setiap saat.

7. Tawarkan Harga yang Kompetitif

Image Source : Google Image

Harga menjadi salah pertimbangan setiap calon penghuni kos. Bahkan harga inilah yang menjadi penentu akhir apakah calon penghuni kos memilih kos-kosan Anda atau tidak.

Karena itulah, Anda perlu memberikan harga yang kompetitif sesuai dengan fasilitas dan target market yang dituju. Jangan memberikan harga terlalu murah atau terlalu mahal. Anda perlu melakukan survei terlebih dahulu terkait harga kos-kosan di sekitar lokasi kos-kosan Anda berada.

Baca Juga : Tips Mendapatkan Ribuan Dollar dari AliExpress

Berikan harga yang sesuai dengan di pasaran dan berikan nilai lebih di kos-kosan Anda agar bisa memenangkan persaingan. Setelah menentukan harga sewa yang pas, langkah berikutnya yang juga sangat penting adalah PROMOSI. Yuk lanjut …

Baca juga  Jadwal Free Webinar Selama Ramadhan 2019

8. Lakukan Promosi Online dan Offline

kursus digital marketing

Inilah langkah yang sangat penting dan menjadi ujung tombak sukses tidaknya bisnis kos-kosan Anda. Apa itu? PROMOSI, iya, promosi. Seberapa bagusnya kos-kosan Anda dan sebera lengkapnya fasilitas yang Anda sediakan jika tidak ada orang yang tahu kos-kosan Anda, maka kos-kosan Anda tidak akan ada penghuninya.

Karenanya Anda perlu melakukan promosi yang masif, baik promosi offline maupun online. Anda perlu melakukan promosi secara offline menggunakan media selebaran, pamflet, brosur dan semisalnya.

Media promosi tersebut bisa Anda pasang di lokasi-lokasi strategis dekat dengan target market yang Anda bidik. Misalnya di dekat kampus, pabrik, perkantoran, mall, dll.

Selain offline, di era digital yang sangat dinamis ini, Anda juga wajib promosi via online agar informasi kos-kosan Anda tersebar secara masif.

Ada banyak media online yang bisa Anda gunakan untuk promosi online, seperti grup-grup di Facebook, posting di Instagram, Youtube, website, dan sebagainya.

Silakan Anda padukan strategi promosi offline dan online ini dengan sebaik-baiknya. Insya Allah bisnis kos-kosan Anda bisa sukses dan bisa menghasilkan passive income setiap bulan.

Baca Juga : Mahir Desain dengan Adobe Illustrator, Ini Caranya

Baik Ratakaners di manapun Anda berada, itulah tadi 8 tips sukses berbisnis kos-kosan. Nah sekarang, bagaimana jika Anda masih PEMULA dan sama sekali BELUM TAHU seluk beluk bisnis kos-kosan ini?

Tenang, Anda bisa belajar lebih dalam lagi dan komprehensif mengenai bisnis kos-kosan ini di Ecourse Rahasia Bisnis Properti Kost. Ecourse ini dibuat oleh Iwan Kenrianto, Praktisi profesional yang telah berhasil mendapatkan Passive Income Puluhan Juta dari bisnis kos-kosan.

Ecourse Rahasia Bisnis Properti Kost ini membahas materi-materi dahsyat berikut :

1. Kenapa Harus Memiliki Passive Income
2. Mindset Sebagai Investor Properti Kos
3. Fokus pada Cash Flow, Capital Gain Bonusnya
4. Solusi Pendanaan
5. Marketing & Manajemen Properti Kos
6. Menuju Kemakmuran yang Berlimpah

Terdapat lebih dari 25 Video, Modul dan Tools yang telah di siapkan untuk membantu Anda Membangun Kekayaan dan Kemakmuran berlimpah lewat Bisnis Properti Kos-Kosan.

Ingin mendapatkan Passive Income juga dari Bisnis Kos-Kosan?

GABUNG ECOURSE RAHASIA BISNIS KOS-KOSAN DI SINI

Tinggalkan komentar