Aplikasi WhatsApp Business dan Mengenal Fitur-fiturnya

WhatsApp jadi aplikasi yang paling banyak digunakan di dunia, dengan lebih dari 1,3 miliar pengguna aktif. Dengan jumlah sebesar ini aplikasi WhatsApp jadi tempat terbaik untuk bisnis terhubung dengan pelanggan. Sekarang orang menggunakan WhatsApp untuk terhubung dengan bisnis favorit mereka atau untuk menyampaikan keluhan.

Aplikasi WhatsApp Business

Photo credit: Google

Ada banyak sekali bisnis yang ingin menjangkau pelanggan melalui WhatsApp. Meski WhatsApp awalnya dibuat hanya untuk orang bisa terhubung dengan teman dan keluarga, tak ada salahnya meningkatkan pengalaman bisnis, membuat bisnis ada untuk pelanggan selama 24 jam setiap hari.

Dengan aplikasi WhatsApp Business yang tersedia di Play Store untuk bisnis, perusahaan dan bisnis sekarang bisa merespon langsung ke pelanggan, menciptakan kehadiran yang resmi pada aplikasi ini.

Aplikasi ini gratis dan bisa di-download dari Play Store, yang akan memudahkan bisnis untuk punya kehadiran WhatsApp. Pelanggan bisa menambahkan nomor WhatsApp bisnis untuk ngobrol dengan mereka. Pelanggan akan melihat akun bukan sebagai akun personal, tapi akun bisnis.

Bagaimana WhatsApp Business memverifikasi akun?

Photo credit: Google

Bisnis bisa mengkonfirmasi akun selama nomor telepon akun cocok dengan nomor telepon bisnis.

Untuk pengguna WhatsApp pada umumnya, Anda tidak perlu download aplikasi baru untuk bicara dengan bisnis favorit. Pengguna WhatsApp bisa juga memblokir nomor bisnis serta melaporkan sebagai spam.

Fitur yang tersedia pada aplikasi WhatsApp Business

Photo credit: Google

Layanan pesan instan WhatsApp telah secara resmi meluncurkan WhatsApp Business, aplikasi yang bisa digunakan bisnis kecil untuk terhubung dengan para pelanggan mereka. Aplikasi WhatsApp Business dibuat untuk mengutamakan pebisnis kecil.

Dengan aplikasi ini, bisnis bisa berinteraksi dengan pelanggan dengan mudah menggunakan tool yang bekerja secara otomatis, menyortir, dan merespon cepat pesan pelanggan.

Baca juga  Langkah Mudah Membangun Toko Online

Bisnis menggunakan WhatsApp Business bisa terhubung dengan pengguna WhatsApp seperti biasa, dan mereka tidak perlu mendownload aplikasi terpisah. Pengguna WhatsApp bisa tahu ketika mereka dihubungi oleh sebuah bisnis, bukan oleh individu, karena akan terdaftar sebagai akun bisnis.

Sebelumnya, perusahaan telah menguji versi beta dari WhatsApp Business di beberapa negara seperti Amerika, Inggris, Italia, Indonesia, dan Meksiko.

Berikut ini fitur yang bisa ditemukan di aplikasi WhatsApp Business:

Profil bisnis

Photo credit: Google

Untuk bisnis yang ingin dengan mudah terlihat dan ditemukan oleh pelanggan, aplikasi WhatsApp Business memungkinkan pengguna menciptakan profil bisnis dengan informasi bermanfaat untuk pelanggan seperti alamat, nomor telepon, deskripsi bisnis, alamat email, dan website.

Tool pesan yang cerdas

Bisnis bisa menghemat waktu dengan tool pesan WhatsApp. Salah satu tool pesan yang ada di aplikasi WhatsApp Business adalah tool “Quick Replies”. Tool ini membuat Anda bisa menghemat waktu dan menggunakan kembali pesan yang sering Anda kirim agar Anda dapat dengan mudah menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan dalam waktu singkat.

Tool lain adalah “Automated Messages.” Tool ini membuat bisnis bisa mengirim pesan ketika mereka tidak bisa menjawab agar pelanggan tahu ketika mengharapkan respon. Anda bisa juga buat pesan sapaan untuk memperkenalkan pelanggan pada bisnis Anda.

Statistik pesan

Photo credit: Google

Fitur statistik pesan dari aplikasi ini memungkinkan bisnis untuk bisa mereview metrik sederhana di balik pesan yang telah dikirim.  Anda bisa mengakses metrik informasi seperti berapa banyak pesan yang berhasil terkirim, berapa banyak yang sampai dan dibaca, dan sebagainya.

WhatsApp web

Selain menggunakan aplikasi untuk mengirim dan menerima pesan dari pelanggan, Anda bisa juga mengirim dan menerima pesan dengan WhatsApp Business di desktop atau laptop agar lebih mudah diakses untuk bisnis, terutama untuk bisnis yang memiliki team support pelanggan.

Baca juga  13 Kebiasaan Pengusaha Yang Efektif dan Perlu Ditiru

Bagaimana cara download aplikasi WhatsApp Business?

Photo credit: Google

WhatsApp Business sekarang tersedia dan bebas di-download di Google Play Store untuk pengguna android.

WA Auto Sender, tools Whatsapp marketing otomatis berbasis Android. Lebih mudah, cepat, dan ringan.

Keuntungan menggunakan aplikasi WhatsApp Business

Photo credit: Google

Lebih dari 80 persen bisnis kecil di India dan Brazil mengatakan WhatsApp membantu mereka berkomunikasi dengan pelanggan dan mengembangkan bisnis mereka.

Meski beberapa pengguna aplikasi ini mengatakan mereka terkesan dengan fitur yang ada di aplikasi, banyak yang mengamati ada fitur penting yang bisnis kecil butuhkan yang masih belum tersedia seperti menerima pembayaran dan peluang menemukan pelanggan potensial atau mengiklankan ke audiens spesifik seperti pada Facebook Ads.

WhatsApp Business menggunakan:

  • Interaksi personal dengan klien
  • Membangun ruang komunikasi yang umum
  • Pengaturan pembelian
  • Komunikasi internal

Interaksi personal dengan klien

Photo credit: Google

Cara menggunakan WhatsApp ini paling umum, apapun ukuran perusahaannya. WhatsApp memungkinkan kontak langsung dengan klien, menjawab pertanyaan dan  menawarkan support. Dari 30 responden, 29 menggunakan WhatsApp untuk berinteraksi dengan pelanggan reguler, sedang telepon hanya digunakan oleh 22 orang, dan pesan di Facebook hanya 19.

Dan tren ini tidak hanya bisa digunakan oleh bisnis kecil. Diketahui sekitar 87 persen dokter menggunakan layanan ini untuk berkomunikasi dengan pasien. Sebagai platform komunikasi personal dengan pelanggan, WhatsApp melebihi Twitter dan email.

Membangun ruang komunikasi yang umum

Photo credit: Google

Pesan personal hanya setengah dari manfaat layanan ini. Kebanyakan pengguna berasal dari kelompok komunikasi tertentu, mulai dari teman hingga rekan kerja serta kelompok hobi. Jadi, bila Tumblr jari cara untuk bicara tentang band favorit Anda, maka dengan WhatsApp Anda bisa ngobrol dengan penggemar di kota Anda, serta merencanakan konser bulan depan. Bila Anda menggunakan message board untuk informasi tentang jadwal kelas, maka WhatsApp untuk siswa adalah layanan dimana mereka bisa mendiskusikan topik kurikulum terbaru.

Baca juga  Twitter Untuk Bisnis, Tips Penting Untuk Majukan Bisnis Anda

Pengaturan penjualan

Photo credit: Google

WhatsApp jadi cara bagus untuk berkomunikasi dengan orang yang sudah Anda kenal. Tapi juga mengurangi waktu untuk pencarian pelanggan baru, karena WhatsApp terhubung dengan Instagram.

Di tren online shopping, Instagram seperti etalase, dan WhatsApp adalah penjualnya. Kebanyakan akun di Instagram dengan lebih dari jutaan subscriber, digunakan untuk menunjukkan produk perusahaan. Jika tidak memiliki website, cara satu-satunya menjual adalah melalui layanan WhatsApp.

Pembeli dan penjual mengatur pembayaran dan pengantaran melalui pesan. Pengguna membayar melalui aplikasi mobile banking dan mengirim bukti pembayaran melalui WhatsApp ke penjual langsung.

Sebagai tool untuk transaksi, WhatsApp menggantikan platform komersial seperti woocommerce atau shopify.

Komunikasi internal

Photo credit: Google

Beberapa atasan beralih ke layanan WhatsApp sebagai sarana utama untuk berkomunikasi dengan pegawai. Pada beberapa kasus, ini menggantikan email, sebagai instrumen dasar berkomunikasi dengan kolega.

Menurut survey, salah satu dari pengguna diwawancara, pendiri sebuah startup, mengatakan eksekutif perusahaan  memiliki grup WhatsApp khusus, begitu juga agensi advertising di perusahaan ini. WhatsApp dianggap cara tercepat mengirim informasi yang urgent.

Tinggalkan komentar