7 Tips Agar Caption Instagram Menarik Perhatian Follower

Marketing menggunakan Instagram erat kaitannya dengan visual. Kualitas foto menjadi faktor yang sangat penting untuk memperoleh follower di Instagram, membuat mereka tertarik pada brand Anda, dan untuk menunjukkan sisi manusia dari bisnis Anda.

Tugas Anda belum berakhir setelah Anda mengambil gambar yang bagus dan mengeditnya. Caption dari postingan Anda jadi unsur yang sangat perlu diperhatikan.

Caption Instagram yang baik menjelaskan tentang isi foto, memberitahu follower untuk melakukan sesuatu, atau melontarkan lelucon yang membuat konten banyak dibagikan.

Bila caption Instagram Anda kurang menarik, Anda kehilangan kesempatan untuk mendekati follower. Berikut ini beberapa tips untuk membantu Anda menulis caption Instagram dengan lebih baik:

Buat draft lebih dulu

Photo credit: Google

Jangan tergesa-gesa dalam prosesnya. Sebaiknya tulis beberapa ide untuk caption, minta pendapat rekan kerja tentang mana yang terbaik.

Mungkin Anda berpikir, “Bukankah ketepatan waktu dan kronologi penting dalam Instagram?” Bisa jadi begitu, bergantung pada subjek postingan Anda. Misalnya, seseorang menggunakan Instagram untuk kronologi perjalanan dari aktivitasnya. Ia suka memposting secara real time untuk mendokumentasikan apa yang ia lakukan pada saat itu.

Tapi karena ada perubahan pada algoritma Instagram, tingkat engagement yang postingan Anda terima lebih penting dibanding kronologinya. Visibilitas postingan di feed follower akan bergantung pada jumlah “like” dan komentar yang dimiliki sebuah postingan, hubunganya dengan postingan pengguna, dan faktor lain.

Itu sebabnya penting untuk meluangkan waktu membuat caption yang bagus yang menarik bagi follower, membuat mereka senang, dan membagikannya ke teman.

Hal penting lebih dulu

Photo credit: Google

Jumlah karakter maksimal untuk caption Instagram adalah 2200 karakter. Tapi satu hal penting untuk yang perlu diingat adalah caption ini akan terpotong di feed pengguna setelah 3 sampai 4 garis teks.

Baca juga  Ratakan Week Deals Diskon Rame - Rame Produk Digital

Ini tidak berarti Anda perlu membuat caption yang pendek agar pengguna bisa melihat 100 persen tanpa mengklik “more.” Sebaiknya dahulukan caption dengan konten penting dan gunakan hashtag.

Sertakan call-to-action

Photo credit: Google

Cara terbaik meningkatkan share postingan Instagram dan mendekati follower adalah dengan menyertakan call to action di caption foto Anda. Ini berarti menggunakan kata kerja untuk mendorong orang melakukan sesuatu.

Penggunaan kata kerja mendorong lebih banyak share di Twitter dibanding menggunakan kata benda dan kata sifat, hal yang sama berlaku di Instagram.

Misalnya Anda bisa katakan, “Bagikan cerita kamu di kolom komentar!”

Berikut beberapa ide call-to-action lainnya:

  1.   Ajukan pertanyaan

Photo credit: Google

Dorong orang untuk memberi komentar tentang pengalaman Anda. Anda mungkin bisa menjadikan pengalaman ini sebagai ide untuk konten baru. Untuk meningkatkan engagement dengan follower, respon jawaban pengguna untuk membuatnya seperti percakapan.

  1.   Arahkan orang ke link di bio Anda

Photo credit: Google

URL yang bisa di-klik hanya ada di bio Anda. Itu sebabnya Anda perlu sering update URL untuk menunjukkan konten blog terbaru, video youtube, produk atau penawaran, lalu hubungkan lik itu di caption Instagram.

Misalnya, bila Anda membuat kontes atau ingin meningkatkan pelanggan ke blog, cukup ganti link pada bio Instagram lalu tebitkan foto yang menyebut link baru ini pada caption.

  1.   Ajak orang me-tag teman

Photo credit: Google

Dorong follower untuk membagikan postingan ke teman dengan mengundang mereka me-tag teman.

  1.   Ajak orang mengikuti kontes

Photo credit: Google

Kontes bagus untuk meningkatkan engagement dan kesadaran brand di Instagram. Cukup undang orang untuk memposting gambar mereka dan tag di caption menggunakan sebuah hashtag.

Sertakan aturan remi kontes di caption untuk teman yang tertarik dan bisa mereka bisa membuat link ke bio Anda.

Anda merasa sangat susah untuk berjualan di Instagram? Yang Anda butuhkan adalah Mentoring IG Marketing.

Batasi penggunaan 4 hashtag

Photo credit: Google

Di Instagram, hashtag punya fungsi yang sama seperti pada Twitter dan Facebook. Hashtag menghubungkan percakapan banyak pengguna di satu jalur. Selama akun Anda publik, siapa saja yang melakukan pencarian untuk hashtag itu bisa menemukan postingan Instagram Anda.

Baca juga  Tips Sukses Menjalani Pernikahan

Hashtag bagus untuk menghubungkan pengguna yang tidak saling terhubung, tapi yang membicarakan dan tertarik pada topik, event, atau brand yang sama. Ini juga jadi cara untuk menambahkan humor pada postingan.

Tapi gunakan hashtag dengan bijak. Beberapa pengguna Instagram menggunakan hashtag untuk mendapat lebih banyak follower, tapi malah terlihat seperti spam bagi follower yang sudah Anda miliki.

Bila Anda menggunakan banyak hashtag, orang akan menyadari dan menganggapnya tidak bagus. Batasi hashtag 3 atau 4 saja.

Dan ingat, Anda tidak perlu sertakan semuanya bila Anda tidak mau melakukannya. Anda tidak perlu hashtag untuk punya caption Instagram yang menarik.

Gunakan hashtag di akhir caption

Photo credit: Google

Kecuali frase hashtag sesuai dengan kalimat, jangan masukkan hashtag di tengah kalimat. Letakkan di akhir caption Anda. Dengan begitu, bagian caption yang lebih menarik akan muncul lebih dulu, sehingga terlihat lebih user-friendly.

Selain itu, bila caption cukup panjang sehingga terpotong, hashtag tidak akan terlihat. Ini tidak masalah karena hashtag digunakan untuk kepentingan pencarian.

Anda butuh ide hashtag yang sudah populer? Instagram akan menyarankan hashtag berdasarkan popularitasnya ketika Anda membuka postingan baru dan mengetik tanda pagar.

Gunakan emoji

Photo credit: Google

Emoji, emoticon seperti kartun, tersedia di hampir seluruh smartphone pengguna dan menambah personalitas dalam caption Instagram. Itu sebabnya banyak brand menggunakannya dalam caption.

Ada banyak cara untuk menggunakan emoji di postingan. Misalnya Anda bisa gunakan di awal postingan untuk menarik perhatian orang. And bisa juga gunakan di tengah kalimat untuk menggantikan kata, atau di akhir sebagai “punchline.”

Promosikan saluran media sosial lain di Instagram

Photo credit: Google

Anda bisa juga gunakan caption untuk lintas promosi ke akun media sosial lain. Ini jadi cara untuk memberitahu follower di media sosial mana lagi mereka bisa menemukan Anda. Jadi follower Instagram bisa menjadi follower Twitter, Facebook fan, atau audiens di Snapchat.

Baca juga  Cost Per Milion

Misalnya, Anda bisa promosikan kampanye yang sedang terjadi di saluran media sosial lain.

Bila Anda punya akun Snapchat, Snapcode jadi cara tepat untuk promosi lintas saluran media sosial di profil media sosial lain. Tiap pengguna Snapchat punya Snapcode unik yang berupa gambar mirip logo Snapchat tapi dengan pola dan titik yang unik.

Untuk bisa follow Snapchat Anda, pengguna harus membuka aplikasi Snapchat dan mengambil gambar Snapcode Anda.

Tinggalkan komentar