Panduan & Cara Membuat Instagram Ads

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
Cara Membuat Insagram Ads

Cara Membuat Instagram Ads Bagi Anda yang bergerak di dunia bisnis dan sedang bingung untuk mencari cara paling tepat dalam kegiatan promosi, maka tutorial membuat Instagram Ads di bawah ini perlu diperhatikan sebelum mencobanya. Nyatanya fitur dari IG ini juga sangat bermanfaat pada saat berbisnis.

Perlu Anda ketahui jika Instagram Ads sudah menjadi platform yang populer. Hal ini memungkinkan bahwa target pasarnya pun juga kian banyak. Hal ini juga didukung dengan fakta apabila pengguna dari IG memang berasal dari semua negara dan menjadi user aktif hingga saat ini.

Instagram Ads pun juga dianggap sebagai platform yang sangat visual. Hal ini mendukung dari ketertarikan sebagian orang ketika mereka memang lebih senang melihat daripada mendengar ataupun membaca ketika sedang memperhatikan sebuah iklan.

Apa Itu Instagram Ads ?

Cara Membuat Insagram Ads

Instagram Ads merupakan platform iklan yang menjadi salah satu fitur unggulan di Instagram. Anda dapat menggunakannya untuk membuat iklan di feed seta memperbarui Instagram Stories melalui sosial media satu ini.

Bagi Anda yang sudah mengenal sistem penggunaan dari Facebook Ads, maka tidak akan merasa kesulitan ketika pertama kali menggunakan Instagram Ads. Langkah-langkahnya pun hampir sama lantaran keduanya digabung menjadi satu di bawah naungan Facebook Ads Manager.

Jangan heran jika Anda akan menjumpai langkah-langkah yang sama ketika sedang mengikuti cara promosi Instagram Ads ini. Salah satu langkah paling utama yakni menyusun halaman pribadi terlebih dahulu seperti saat pembuatan Facebook Ads. 

Panduan Cara Pasang Iklan di Instagram Ads

cara promosi Instagram Ads

Sudah disinggung sebelumnya bahwa langkah-langkah menyusun Instagram Ads memang hampir mirip seperti pembuatan Facebook Ads. Bagi Anda yang sudah pernah merancangnya, maka tidak akan merasa kesulitan untuk mengikuti tutorial di bawah ini. Berikut cara membuat IG Ads:

Baca Juga : Cara Dapatkan Ribuan Follower IG dengan MUDAH

1. Membuka Facebook Ads Manager dan Memilih Pembuatan Iklan Terpandu

Pertama-tama Anda harus membuka lama Facebook Ads Manager melalui web browser. Alangkah lebih baik jika menggunakan PC agar terasa lebih mudah. Selanjutnya lakukan log in ke akun Facebook dengan memasukkan username dan password seperti biasanya.

Anda bisa membuka menu Kampanye lalu klik menu Buat Iklan. Facebook menawarkan dua pilihan dalam pembuatannya yakni Pembuatan Iklan Terpandu atau Pembuatan Iklan Cepat. Pilihlah opsi pertama agar lebih spesifik dan menjurus ke calon target pasar.

2. Menentukan Tujuan Iklan

Anda perlu menentukan apa sebenarnya tujuan dari pembuatan iklan tersebut. Facebook Ads Manager sendiri menyediakan tiga kategori yang berbeda mulai dari Konversi, Kesadaran dan juga Pertimbangan. Ketiganya dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing usaha.

Kesadaran mencakup dua hal yakni kesadaran merk untuk melakukan branding dan jangkauan dalam menampilkan iklan pada jumlah maksimal sesuai besarnya anggaran. Sementara pertimbangan meliputi 6 jenis yaitu lalu lintas atau trajik jika ingin meningkatkan banyaknya kunjungan ke website.

3. Memilih Jenis Iklan yang Dibutuhkan

Facebook Ads Manager sendiri menawarkan dua pilihan iklan yakni Pengoptimalan Anggaran dan Uji Split dimana Anda harus memilih salah satu diantara keduanya pasalnya tidak dapat digunakan secara bersamaan.

Jenis uji split mengharuskan Anda untuk membuat dua buah iklan dengan konten yang mirip. Nantinya target bisa dibagi menjadi 2 kelompok sebelum melihat pengiklanan. Sayangnya pemilihan tipe ini memerlukan biaya lebih besar jika dibandingkan dari pengoptimalan anggaran.

4. Menuliskan Nama Iklan, Tujuan Trafik dan Menyediakan Promo

Anda perlu menuliskan nama iklan agar lebih mudah pada saat sedang mengecek performa pengiklanan melalui Instagram Ads. Selanjutnya pilihlah tujuan trafik sesuai keinginan untuk diarahkan ke mana. Pengguna dapat memilih trafik ke website, Messenger ataupun Whatsapp.

Jangan lupa untuk menyediakan penawaran menarik demi membuat target pasar kian tertarik dalam melakukan pembelian produk. Anda bisa menjalankan promo di bisnis yang sedang dijalankan dengan memberikan tanda centang pada kolom pilihan Promo setelah menentukan trafik atau lalu lintas.

5. Menentukan Target Audience dari Pemasangan Iklan

Penentuan target audience ini menjadi langkah yang paling penting dalam pemasangan iklan termasuk juga di Instagram Ads. Anda bisa mengatur di opsi Pemirsa Khusus jika ingin menjangkau orang-orang dimana sebelumnya sudah pernah berhubungan dengan bisnis tersebut baik offline atau online.

Selanjutnya Anda juga harus menentukan pemilihan lokasi yang tepat bagi tiap target. Masukkan satu atau beberapa negara dan wilayah sekaligus lengkap dengan kode pos dan juga alamatnya. Jangan lupa untuk memasang rentang umur sesuai calon pelanggan dari produk tersebut.

6. Menentukan Penempatan dan Jadwal Penayangan Iklan

Bagi Anda yang memilih penempatan secara otomatis, maka iklan akan ditunjukkan di semua aplikasi dimana telah bekerja sama dengan Facebook termasuk juga Instagram. Lain halnya jika hanya ingin ditampilkan di IG saja, atur terlebih dahulu dan berikan tanda centang pada platform sesuai keinginan.

Anda pun harus menentukan berapa lama sebenarnya iklan dapat dipasang. Umumnya penentuan hal ini dipertimbangkan dengan kapan pengguna sosial media paling sering aktif seperti di weekend atau setelah jam kerja di malam hari. Penjadwalan ini biasanya bisa sekitar satu bulan atau lebih.

7. Menghubungkan dengan Akun Instagram

Selanjutnya Anda perlu menambahkan akun Instagram agar terhubung satu sama lainnya. alangkah lebih baik jika menggunakannya secara khusus untuk kepentingan bisnis tanpa mencampurnya dengan keperluan pribadi.

Tambahkan akun Instagram dan masukkan username serta password sesuai dengan langkah log in pada umumnya. Klik pada menu Konfirmasi untuk melanjutkan. Kini IG dan FB sudah berhasil saling terhubung.

8. Merancang Iklan Agar Terlihat Profesional

Sebelumnya, Anda perlu memilih format iklan yang tersedia mulai dari karosel, gambar tunggal, video tunggal, tayangan slide dan juga koleksi. Pilihlah sesuai keinginan dan kebutuhan masing-masing bisnis. Selanjutnya tuliskan deskripsi untuk pemasangan iklan tersebut.

Anda bisa mengunggah gambar yang relevan dengan penulisan deskripsi di atas. Perlu diketahui bahwa setiap format Facebook Ads memiliki ukuran gambar berbeda-beda sehingga harus diperhatikan sebelum mengunggahnya. Terakhir yakni pahami cara pembayaran IG Ads.

Ukuran Gambar Instagram Ads

Baca Juga : Sistem Penambah Follower OTOMATIS

Ukuran Gambar Instagram Ads

Perlu Anda ketahui bahwa setiap format iklan yang digunakan dalam pembuatan Instagram Ads akan memiliki ukuran gambar berbeda-beda. Menjadi hal wajib bagi setiap pengguna untuk mengetahuinya sebelum membuatnya.

Pertama ada single image atau gambar tunggal dengan ukuran 1200 x 628 pixels dan ukuran Instagram Stories serta Facebook 1080 x 1920 pixels. Sementara rasionya 9:16 atau 16:9 dimana nantinya akan dipotong menjadi 1,91:11 apabila ada tautan.

Selanjutnya ada carousel berukuran 1080 x 1080 pixels atau maksimal 30 MB dengan rasio gambar 1:1. Berikutnya slideshow atau tayangan slide yang memiliki ukuran 1280 x 720 pixels dan perbandingan 16:9, 1:1 atau 2:3. Terakhir, video tunggal berformat .mp4, .gif dan .mov.

Demikian tutorial membuat Instagram Ads yang bisa Anda ikuti sebelum beriklan menggunakan sosial media satu ini. Pastikan untuk menggunakannya secara optimal agar memaksimalkan fitur di dalam platform tersebut. Jangan lupa perhatikan langkah terakhirnya yakni bagaimana cara bayar IG Ads.

 

Share This Article

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
There are currently no comments.

PT. RATAKAN MEDIA KREASI

Perum Gentan Citra Indah Blok H-6 

RT. 03 RW. 14, Sukoharjo, JAWA TENGAH 57556 Indonesia

[email protected]

%d blogger menyukai ini: