Cara Foto Produk Dengan HP Untuk Bisnis Online

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
cara foto produk hp

Cara Foto Produk dengan Hape – Tanpa disadari beberapa orang menganggap memfoto produknya bukan menjadi hal penting. Padahal dari balik itu semua, kehadiran foto produk HP sangat berpengaruh. Survey membuktikan bahwa 90% bisnis akan menjadi sukses hanya dengan mengupgrade beberapa gambar produknya.

Bagaimana Cara Foto Produk Menggunakan Smartphone ?

cara foto produk hp

Mengupgrade gambar produk itu tidak perlu harus menggunakan kamera mahal. Tips foto produk dengan HP akan membantu untuk hasil maksimal dengan karya menjual. Karena foto produk akan membuat feed sosial media lebih menarik. Langsung saja simak tipsnya.

  1. Siapkan Background

teknik foto produk dengan hp

Bagian terpenting karya fotografi adalah background. Untuk beberapa produk makanan dan minuman, tips yang satu ini sangat perlu disiapkan. Selain sebagai alat pemantul cahaya, akan sangat mudah jika akan menghapusnya dan hanya tersisa produknya saja.

Panduan Praktis : Cara Foto Produk Makanan dengan Smartphone

Background terlihat sederhana namun perannya sangat riskan jika dilupakan. Tanpa bantuan studio mini, foto produk HP akan tetap bisa sempurna. Dengan catatan, pintar mengambil cahaya dan memantulkannya agar menonjolkan sisi lain produknya.

  1. Pakailah Model, Jika Produk yang Akan Difoto Bisa Dipakai

cara produk pakaian dengan hp

Tidak perlu terlalu serius, contohnya saja baju, hijab, tas adalah sesuatu yang bisa dipakai. Pastikan produk yang dipakai terekspos. Tidak diharuskan semua tubuh terlihat. Sesuai dengan angel yang terbaik dan bagus saja saat sedang memotretnya.

Jika produknya adalah sepatu, mungkin bisa lebih difokuskan ke sepatunya saja. Selain menggunakan HP, foto dengan cara seperti ini bisa lebih menghemat. Karena tidak perlu seorang model yang memakainya. Kandidat siapapun bisa termasuk salah satu anggota keluarga.

  1. Pencahayaan yang Harus Maksimal saat Pengambilan Foto

Lighting Foto Produk Light Box

Komponen paling penting untuk menghasilkan foto produk HP. Kenali dari mana cahaya terbaik datang di tempatmu dan jam berapa. Apakah waktu pagi atau sore. Tidak lucu ya, jika sudah merencanakan semuanya matang, hasil foto kurang cahaya buruknya lagi ada bayangan.

Bayangan disini adalah yang menutupi produk sehingga tampak ada sisi gelap didalam gambar. Gangguan seperti itu tidak akan terjadi jika melakukan foto produk dengan HP sebelumnya mengamati cahaya terbaik.

Baca Juga : 3000 Koleksi FOTO HD Free Royalti

  1. Tentukan Tema dari Foto yang akan Diambil

cara foto produk makanan dengan hp

Menentukan tema tidak hanya pada saat akan menulis, tetapi mengambil foto produk dengan HP juga sangat disarankan untuk menentukan temanya. Karena nanti hasil dari ide akan terlihat relevan dengan hasil gambar.

Tema yang diambil lebih baik berhubungan langsung dengan produk yang akan dipromosikan menggunakan foto. Contoh saja, produk makanan rendang. Temanya sesuatu yang enak dimakan dengan nasi hangat. Komunikasi visual dari penjual ke konsumen akan sampai dengan sempurna.

  1. Kenali Tipe HP

hp yang cocok untuk foto produk

Kebanyakan foto produk dengan HP akan mengutamakan ISO yang ada di pengaturan kamera. Walaupun terdengar sederhana dan mudah, mengaturnya membutuhkan pemahaman yang tidak mudah. Ada juga tipe HP yang sudah otomatis untuk pengaturan ISO nya.

Jika cahaya yang digunakan terlalu terang, turunkan ISO nya menjadi minimal 100. Karena semakin tinggi akan lebih terang. Dukungan dari pengaturan ini dirasa sangat penting untuk menghasilkan sebuah karya foto produk sempurna.

  1. Foto dari Berbagai Angle atau Sudut

cara foto produk baju dengan hp

Tujuannya adalah agar konsumen lebih bisa mengenal seperti apa produk yang dijual. Contohnya saja produk baju. Ambil dari sudut depan, belakang dan samping. Dengan begitu konsumen tahu, bagaimana bentuk dari pakaian itu

Selain untuk memperlihatkan bagian baju, foto dari beberapa angel bisa membuat konsumen memahami ukuran maupun potongannya cocok untuk tipe tubuh seperti apa. Sederhana, tapi sangat dibutuhkan oleh setiap konsumen.

  1. Jangan Sampai menggunakan Zoom atau Perbesaran pada Kamera

kamera hp yang bagus untuk foto produk

Penggunaan zoom akan berdampak tidak baik pada sebuah foto. Salah satunya kualitas yang dihasilkan bisa pecah walaupun background dan tema nya sempurna, akan tetap memperburuknya. Tidak sedikit pelakunya memberikan alasan penggunaan zoom agar nama produk lebih terlihat.

Pikiran seperti itu sangat tidak dibutuhkan saat sedang melakukan foto produk HP. Ada berbagai macam cara untuk lebih bisa memperlihatkan nama produk. Dengan tema itu tadi. Detail produk jangan dijadikan satu dengan nama, karena satu tema untuk satu foto.

  1. Mengenali Jeda Waktu saat Pengambilan Foto

cara foto produk hp

Kunci utama saat mengambil foto dengan HP adalah tidak tergesa-gesa. Karena HP tidak memiliki fungsi optimal sebagai kamera. Terkadang saat menjepret objek, tangan akan langsung menarik dari posisi untuk melihat hasil. Ini salah.

Beberapa HP akan menghasilkan efek blur, saat setelah menjepret tanpa jeda posisi berubah. Berilah jeda sebentar, tidak harus sampai 5 menit. Bisa juga diakali menggunakan tripod atau dudukan untuk HP. Agar posisi memotret lebih stabil. Benda tersebut termasuk dalam properti foto produk.

  1. Proses Editing untuk Lebih Menyempurnakan Foto Produk HP

Cara Editing Foto PRoduk HP

Banyaknya aplikasi edit foto di smartphone, mempermudah pelaku umkm mengedit setiap gambar produknya agar lebih menarik. Disinilah tantangan sebenarnya, buka tentang kamera HP yang bagus untuk foto produk tetapi mengemasnya agar terlihat menonjol dan eye catching di mata konsumen.

Kemudian jangan lupa untuk memberikan watermark pada foto produkmu. Menghindarkan dari beberapa plagiat yang tidak bertanggung jawab. Dalam artian, tidak sedikit pengguna sosial media. Jika foto yang dihasilkan bagus pasti kemungkinan akan tersebar.

Kamu Perlu Ini : Jago Adobe Ilustrator untuk Pemula

Tips dan Trik Foto Produk HP yang bisa Dipakai

Tidak hanya baju saja yang bisa pakai. Ada banyak barang bisa dipakai dan dijadikan foto produk HP. Kosmetik juga dipakai untuk beberapa wanita. Berikut ini akan dibahas tips dan teknik foto produk baju dan sesuatu yang bisa dipakai lainnya:

  1. Manfaatkan Teman atau Saudara untuk Menjadi Model

Karena sesuatu yang bisa dipakai harus menggunakan model, maka memanfaatkan mereka sebagai model adalah tips pertama. Selain tidak perlu membayar model lain, keuntungan lain adalah bisa mempromosikan barang dagangan yang sedang dipakai.

Tidak perlu mengambil gambar untuk semua bagian. Ambil saja bagian penting. Misalkan sepatu, ambil saja bagian sepatunya dengan konsep terencana. Jika baju, ambil detail-detailnya saja. Tipsnya mengambil setiap sudut dari model dan barang dagangan.

  1. Padukan Beberapa Kosmetik jika Produk Adalah Hijab

Memadukan warna eyeshadow dengan hijab akan lebih menarik minat konsumen untuk membeli produk. Tips memotret barang dagangan berupa jilbab adalah memanfaatkan make up. Karena diperlukan hasil foto yang mengharuskan wajah terlihat.

Dengan make up produk, maka akan lebih stunning dan eye catching. Menonjolkan pulasan warna kosmetik adalah cara foto produk pakaian dengan hp. Walaupun dengan HP, hasil foto akan tetap lebih sempurna. Kuncinya warna yang debunking senada dengan produknya.

Foto Produk HP sudah menjadi hal wajar di tengah banyaknya pelaku umkm di Indonesia. Keterbatasan alat dan keahlian orang awam menjadi alasan HP dijadikan sarana lain pengganti kamera. Beberapa properti yang dibutuhkan juga dirasa tidak mahal. Begitulah mengapa sangat dipilih oleh mereka.

Share This Article

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
There are currently no comments.

PT. RATAKAN MEDIA KREASI

Perum Gentan Citra Indah Blok H-6 

RT. 03 RW. 14, Sukoharjo, JAWA TENGAH 57556 Indonesia

[email protected]

%d blogger menyukai ini: