Cara Membuat Landing Page dengan Elementor Lengkap dan Terupdate

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

 

Cara Membuat Landing Page dengan Menggunakan Elementor – Buat Anda yang sedang menjalankan strategi marketing untuk bisnis, landing page adalah solusi terbaik saat ini. Halaman tersebut merupakan salah satu elemen penting bagi pemilik website, baik blog ataupun online shop.

Halaman penjualan ini adalah tempat Anda mempromosikan produk dengan menjelaskan kelebihan, kekurangan, dan berbagai manfaat yang akan diperoleh melalui bahasa copywriting menarik. Sebagai langkah awal, perhatikan dahulu cara membuat landing page dengan elementor.

Landing page merupakan alat untuk mendorong para pengguna agar lebih terfokus pada satu produk saja, kemudian segera melakukan transaksi yang ada di website. Jangan khawatir, di bawah ini ada ulasan mengenai cara membuat landing page dengan menggunakan elementor.

Apa Itu Landing Page?

Apa itu Landing Page

Sebelum membahas lebih jauh, mungkin sebagian dari Anda masih banyak yang belum tahu dan bertanya-tanya apa itu landing page? Padahal ini merupakan salah satu elemen utama untuk membantu mendapatkan konversi. Khususnya juga untuk Anda para pelaku online, Anda perlu paham bagaimana cara membuat landing page di wordpress untuk mengoptimasi website Anda.

Ada banyak sekali elemen dalam sebuah website, seperti: home page, menu, contact form, IP Address, hosting, dan tentu saja landing page. Namun, tahukah Anda seperti apa yang dimaksud dengan landing page itu? Berikut penjelasannya:

  1. Secara Etimologi

Secara etimologi, landing artinya mendarat, sedang page adalah halaman. Bisa disimpulkan bahwa landing page adalah halaman dari website yang pertama kali dilihat oleh pengunjung. Bisa muncul jika mengklik sebuah tautan atau link tertentu.

Landing page adalah halaman di dalam website dan secara khusus dirancang dengan menggunakan sudut pandang marketing. Page tersebut akan ditampilkan ketika melakukan pencarian terhadap produk yang berhubungan dengan bisnis Anda.

  1. Apa Saja Isi dari Landing Page?

Landing page berisi informasi lebih detail tentang produk, service, penawaran, dan semacamnya. Halaman ini digunakan untuk mengarahkan user ke layanan khusus yang diinginkan secara spesifik. Penjelasannya pun harus jelas dan menarik.

Walaupun berada dalam satu website, namun sebenarnya dibuat terpisah, gunanya untuk mengalihkan perhatian user dari link atau menu lain. Dapat disimpulkan landing page yang baik berorientasi pada “action”.

  1. Kegunaan Landing Page

Dengan landing page diharapkan mampu mengajak pengguna untuk melakukan aksi tertentu. Misalnya, membeli produk, mengisi formulir, atau mempelajari informasi yang diberikan. Dengan begitu, pengunjung pun akan lebih mudah memahami dan tertarik membaca.

Halaman landing page menjadi sebuah pilihan terbaik bagi Anda yang punya prospek ke depan jangka panjang. Di sinilah memang hasil maksimal bisa didapatkan. Di sisi lain, ini juga mampu memberikan banyak kemudahan dalam mencapai semua keinginan.

Fungsi dan Manfaat Landing Page

Fungsi dan Manfaat Landing Page

Kegunaan landing page adalah mempermudah pengumpulan data. Pada dasarnya dapat digunakan untuk mengetahui pengunjung potensial atau leads. Selanjutnya akan didorong agar bersedia melakukan transaksi di masa mendatang.

  1. Fungsi Utama

Data lead ini juga bermanfaat untuk promosi lanjutan melalui strategi digital marketing lainnya, yaitu dengan cara memberikan diskon dan penawaran menarik. Sehingga membuat calon pembeli tertarik dengan produk Anda.

Selain itu, landing page berfungsi untuk mempercepat proses transaksi. Halaman ini memberikan jalan khusus bagi pengunjung website agar dapat mengakses produk atau layanan jasa yang akan dibeli.

  1. Fungsi Tambahan

Manfaat dari penggunaan landing page salah satunya adalah membantu Anda mencapai goals atau tujuan yang sudah ditentukan. Ini akan memaksimalkan bisnis secara efektif dan efisien, sehingga mudah ditemukan oleh pelanggan.

Secara tidak langsung, landing page dapat meningkatkan brand awareness produk maupun jasa. Salah satunya dengan cara meletakkan testimonial yang akan membantu menambah kredibilitas bisnis Anda.

Membuat Landing Page dengan Menggunakan Elementor

Cara Membuat Landing Page Gratis dengan Elementor

Untuk membuat landing page Anda dapat menggunakan WordPress dan page builder. Saat ini jenisnya sudah banyak dengan kelebihan masing-masing. Salah satu plugin yang dapat digunakan adalah elementor, tersedia versi gratis atau berbayar.

  1. Apa Itu Elementor?

Elementor adalah page builder yang khusus diciptakan untuk website berbasis WordPress. Plugin ini bisa diinstall dengan mudah. Jumlah penggunanya melebihi tiga juta user dengan rating bintang lima.

Selain mudah di install, Elementor cukup kompatibel dengan banyak tema di WordPress, entah berbayar atau gratisan. Plugin ini tidak hanya dapat digunakan pada tampilan desktop saja, namun juga cocok dengan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

  1. Kenapa Harus Menggunakan Elementor?

Banyak yang memanfaatkan plugin elementor untuk membuat landing page. Tidak perlu menguasai bahasa pemrograman dan masalah teknikal lainnya, karena sudah dilengkapi fitur drag and drop (tahan dan geser) yang bagus serta menarik.

Kalau Anda masih baru pertama kali mencoba, dan lebih suka mencari cara membuat landing page gratis, plugin elementor sangat direkomendasikan. Fitur yang disediakan juga sudah lengkap bagi pemula.

Panduan Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Panduan Lengkap Urutan Cara Membuat Landing Page

Setelah Anda tahu mengenai Elementor, sekarang adalah saatnya menginstall plugin ini dan simak panduan cara membuat landing page yang bagus dan menarik secara mandiri pada website WordPress.

Pastikan Anda sudah punya domain dan hosting yang aktif. Selain itu, juga perlu melakukan instalasi WordPress. Setelah semuanya siap, selanjutnya adalah harus login terlebih dahulu ke admin dashboard dengan melakukan beberapa tahapan berikut:

  1. Install Plugin Elementor

Sebelum lanjut pada bagaimana cara membuat landing page, Anda harus melakukan instalasi plugin Elementor terlebih dahulu. Yaitu dengan cara gulir ke bawah dan cari menu ‘Plugins’ lalu pilih ‘Add New’.

Saat muncul dashboard ‘Add Plugin’ pada kolom pencarian, yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah menulis ‘Elementor’ lalu tekan tombol enter. Tunggu beberapa saat sampai muncul ‘Elementor Page Builder’.

Setelah itu, Anda klik ‘Install Now’. Jika proses instalasi sudah selesai, jangan lupa untuk mengaktifkan plugin Elementor dengan cara menekan tombol ‘Active’ yang berada di sebelah pojok kanan atas berwarna biru.

  1. Membuat Landing Page Menggunakan Template

Template Landing Page Elementor Gratis

Dalam membuat landing page, hal dasar yang dibutuhkan adalah halaman (pages) sebagai wadah pembuatannya. Anda bisa membuatnya dengan mengklik menu ‘Pages’ lalu cari menu ‘Add New’.

Setelah membuatnya, jangan terburu-buru mengedit menggunakan Elementor. Anda bisa mengubah template defaultnya menjadi Elementor Canvas pada pengaturan ‘Pages Attribute’. Lalu simpan perubahannya dan klik ‘Editing With Elementor’

Tapi, jika Anda ingin membuat landing page dengan template yang sudah disediakan Elementor, itu cukup mudah. Hanya klik tombol ‘Folder’ dan akan muncul thumbnail berbagai macam desain. Pilihlah sesuai keinginan, laku lakukan penyesuaian isinya.

Setelah landing page benar-benar sesuai keinginan, Anda bisa klik ‘Publish’ pada pojok bagian bawah, atau juga dapat disimpan sebagai template dengan cara ‘Save as Template’ agar desain yang sudah dibuat dapat digunakan pada pages lain.

Demikian ulasan mengenai cara membuat landing page dengan menggunakan Elementor. Sangat mudah, bukan? Anda bisa membuatnya sendiri sesuai keinginan dan kebutuhan. Ciptakan halaman yang menarik dan tunggu pelanggan datang!

 

Share This Article

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
There are currently no comments.

PT. RATAKAN MEDIA KREASI

Perum Gentan Citra Indah Blok H-6 

RT. 03 RW. 14, Sukoharjo, JAWA TENGAH 57556 Indonesia

[email protected]