Cara Memperoleh Pegawai Yang Tepat Untuk Bisnis Anda

Ada banyak kesulitan yang dihadapi oleh pemilik bisnis berskala kecil. Merekrut pegawai yang tepat jadi salah satu kesulitan yang dihadapi. Kenapa sangat sulit untuk merekrut pegawai?

Ini memang persoalan besar. Mempekerjakan orang yang salah bisa membuat bisnis Anda mengalami kerugian.  Belum lagi waktu yang terbuang untuk melatih seseorang.

Kita harus menghindari kesalahan ini dan ada panduan untuk mengetahui rahasia menemukan pegawai yang bagus.

Kita mulai dengan, kenapa Anda tidak bisa menemukan orang yang tepat? Apakah ada yang salah? Jangan cemas, bukan Anda saja yang mengalami kesulitan menemukan pegawai yang baik.

Ada beberapa sebab yang membuat Anda kesulitan menemukan pegawai yang baik:

Anda berpikir tidak ada yang lebih bak di luar sana

Anda meremehkan orang. Mungkin Anda telah mempekerjakan orang yang salah. Mungkin ada beberapa pegawai yang buruk di team Anda. Tapi ada pegawai yang baik di luar sana. Ini hanya masalah menemukan orang yang tepat di tempat yang tepat.

Photo credit: Google

Anda tidak memanfaatkan jaringan media sosial

Bila Anda menggunakan Facebook, Twitter, dan LinkedIn, Anda perlu manfaatkan sumber ini untuk merekrut pegawai. Jangkau orang yang Anda kenal dan orang yang berada di luar industri Anda. Beritahu kalau Anda mencari pegawai dengan skill dan pengalaman spesifik.

Anda tidak melakukan branding

Bila bisnis yang Anda bangun tidak punya reputasi atau identitas yang bisa dilihat calon pegawai, berarti Anda melakukan tindakan yang merugikan. Pegawai yang baik mencari perusahaan yang tidak hanya bisa sebagai tempat bekerja tapi juga membawa “passion.” Branding dan kehadiran web harus menunjukkan seperti apa perusahaan Anda yang akan menarik orang-orang yang memiliki passion yang Anda cari.

Baca juga  Kabar Gembira! Ratakan Kini Bisa Menerima Pembayaran Selama 24 Jam
Photo credit: Google

Cara menemukan pegawai yang baik

Sekarang mari kita lihat bagaimana Anda bisa menemukan pegawai yang baik:

Cari tahu kisaran gaji untuk posisi pekerjaan yang Anda butuhkan

Satu kesalahan yang dilakukan bisnis kecil ketika membutuhkan pegawai di posisi tertentu adalah menentukan gaji berdasarkan budget mereka, bukan berdasarkan pada realita marketnya. Melakukan ini hanya akan membuat lebih sulit untuk merekrut pegawai, apalagi menarik yang berkualitas. Bila gaji untuk sales person di area Anda normalnya Rp 50.000 per jam, kenapa orang ingin menerima penawaran Anda dengan Rp 25.000 per jam?

Photo credit: Google

Gunakan banyak outlet untuk memposting lowongan pekerjaan Anda

Mungkin Anda belum menggunakan media sosial untuk hal ini. Tapi ada banyak tempat lain untuk memposting pekerjaan. Gunakan situs karir atau firma perekrutan untuk menunjukkan Anda sedang mencari pegawai.

Situs karir? Yang seperti apa?

Photo credit: Google

Buat landing page di website yang mengarahkan pencari kerja. Orang yang tertarik dengan perusahaan Anda bisa dengan mudah menjadi calon pegawai bila Anda punya posisi lowong dan data mereka terdaftar.

Informasikan tentang budaya perusahaan Anda

Landing page untuk karir di website Anda bisa jadi kesempatan Anda mengiklankan apa yang membuat bekerja di perusahaan Anda berbeda dengan yang lain, dan seperti apa kesehariannya. Ketika budaya ini Anda tunjukkan dan bekerja di tempat Anda terlihat menyenangkan, ini bisa jadi magnet untuk pegawai yang berkualitas.

Iklankan pekerjaan

Photo credit: Google

Ketika Anda memposting pekerjaan, jangan hanya membuat deskripsi pekerjaan. Buat seperti iklan. Iklan pekerjaan akan mendorong pegawai yang berkualitas untuk melamar. Sertakan gambar juga.

Targetkan orang yang baru kena PHK

Cari bisnis besar yang melakukan PHK besar. Atur alert pada Google yang memungkinkan Anda tahu update bila kata “PHK” muncul di berita. Orang yang baru di-PHK bisa jadi kandidat yang Anda cari.

Baca juga  Tips Menciptakan Konten Yang Banyak Dibagikan di Media Sosial

Targetkan pegawai dari kompetitor

Photo credit: Google

Gunakan LinkedIn untuk mengetahui tentang pegawai kompetitor Anda, lalu berikan penawaran yang tidak bisa mereka tolak. Mereka sudah tahu luar-dalam industri ini. Mereka mungkin punya tips untuk ditawarkan ke Anda juga. Anda bisa berikan sesuatu yang lebih baik untuk ditawarkan ke mereka, bisa berupa kompensasi atau budaya kerja perusahaan yang tidak bisa mereka tolak.

Buat program insentif untuk referral

Anda bisa tawarkan insentif untuk pegawai yang mengajak teman dan kolega. Ini jadi strategi bagus karena pegawai Anda sudah tahu seperti apa bekerja bersama Anda dan siapa di lingkungan sosial mereka yang cocok untuk pekerjaan ini. Dan Anda tidak harus membatasi program insentif hanya untuk pegawai Anda.

Tawarkan pegawai peningkatan karir

Photo credit: Google

Kebanyakan pegawai tidak mencari pekerjaaan dimana mereka melakukan hal yang sama untuk 3 tahun ke depan. Mereka mencari posisi yang menawarkan kesempatan peningkatan karir.

Apa yang bisa Anda tawarkan ke pegawai baru? Kesempatan untuk mengembangkan skill baru? Batu loncatan untuk posisi dengan tanggung jawab lebih besar? Lebih banyak uang setelah beberapa lama bekerja? Apapun itu, pastikan ada peningkatan di masa depan ketika mencoba merekrut seseorang.

Tawarkan program yang menguntungkan

Bila Anda ingin menarik pegawai berkualitas tinggi, perusahaan Anda perlu menawarkan manfaat berkualitas tinggi juga, dan ini berarti menawarkan pegawai setidaknya tunjangan medis dan asuransi. Bila bisnis Anda tidak punya program ini, bicarakan dengan perusahaan asuransi.

Tekankan keuntungan yang bisnis Anda tawarkan

Photo credit: Google

Buat perusahaan Anda lebih menarik bagi pegawai potensial dengan menawarkan hal seperti jam kerja fleksibel dan pilihan bekerja dari rumah.

Diantara kelebihan yang tidak umum, beberapa bisnis membolehkan pegawai membawa hewan peliharaan ke tempat kerja, menyediakan layanan pengasuhan anak, dan membolehkan pegawai tidur siang di kantor.

Baca juga  7 Masalah Umum Yang Terjadi Pada Rambut

Tawarkan bonus

Photo credit: Google

Ketika kompetisi untuk mencari pegawai cukup ketat, menawarkan bonus bisa dibutuhkan untuk merekrut pegawai berkualitas tinggi yang Anda butuhkan dan untuk membuat mereka bergabung di bisnis Anda.

Bila Anda memutuskan untuk melakukan ini, perhatikan dua hal penting. Bonus harus cukup besar dan bonus harus untuk masa kerja tertentu. Jika tidak, Anda akan kehilangan uang karena banyak orang yang menerima pekerjaan, mengambil bonus, lalu menghilang.

Anda menjalankan bisnis toko online? Di Bisnis Toko Online Anda bisa dapatkan panduan yang membahas step-by-step bagaimana Anda menjalankan bisnis toko online.

Dari Bisnis Toko Online tersebut, penghasilan Anda akan meningkat jika Anda jalani dengan serius, dan pantang menyerah. Ada 19 materi video training membangun Bisnis Toko Online mulai dari nol siap untuk Anda pelajari semua.

Tinggalkan komentar