Cara Menghasilkan Uang Dari Google AdSense, Anda Tertarik?

AdSense merupakan salah satu dari dua bagian besar sistem advertising Google. Bagian lainnya adalah Google Ads. AdSense adalah platform yang mengantarkan iklan ke website, video YouTube, dan penerbit Google lain di internet. Google Ads adalah platform yang membantu pengiklan menciptakan dan menerbitkan iklan di website penerbit.

Untuk penjelasan yang lebih simpel, Google Ads adalah platform yang mengambil uang Anda untuk ditukar dengan iklan, sedang AdSense adalah platform yang memberi Anda uang untuk ditukar dengan iklan di website Anda.

Dengan Google Ads, pengiklan membayar untuk tiap klik yang iklan terima. Ini disebut iklan Pay-Per-Click dan jadi jenis iklan paling umum di internet saat ini. Dengan AdSense, pemilik website menerima bayaran  untuk tiap klik yang diterima iklan mereka.

Pada dasarnya pengiklan membayar pemilik website untuk menerima iklan dan Google berlaku sebagai penengah. Google menghubungkan pengiklan dengan website yang relevan dan mengambil keuntungan.

Cara Bergabung dengan AdSense

Photo credit: Google

Bila Anda membangun website hanya untuk AdSense, maka jangan menyerah dulu. Memang tidak terlalu tepat bila Anda sign up untuk AdSense segera setelah Anda menciptakan situs karena situs Anda tidak akan menarik traffic di tahap ini.

Tapi kembangkan situs dan ciptakan setidaknya 10 hingga 15 halaman konten yang bagus. Tulis postingan blog tentang topik tertentu dan ciptakan artikel yang unik, original, dan menghibur. Isi sidebar dan ciptakan logo header.

Setelah situs Anda terlihat meyakinkan dan terisi oleh informasi bermanfaat, Anda bisa sign up untuk AdSense. Tak ada yang menghalangi Anda untuk sign up Adsense sejak hari pertama, tapi Anda mungkin tidak akan mendapat hasil bagus sebelum Anda membangun website.

Bila Anda siap untuk sign up di AdSense, maka pergi ke http://AdSense.Google.com. Lalu isi aplikasi Anda. Sign up di AdSense tidak dikenakan biaya alias gratis dan mereka akan menerima siapapun. Ini adalah aplikasi sederhana yang meminta informasi kontak Anda.

Baca juga  Apa yang harus dilakukan di zaman digital

Setelah aplikasi selesai dan disetujui, Anda bisa mulai posting iklan di situs. Google akan menyediakan Anda kode HTML dari menu AdSense setelah log in.

Anda bisa atur iklan untuk tampil di skema warna dan box style berbeda. Anda bisa juga memilih menampilkan hanya iklan teks, hanya iklan gambar, atau gabungan keduanya.

Baca Juga : Cara Simple Main YouTube Tanpa Perlu Membuat Video yang Ribet! Cocok untuk affiliate, Amazon, CPA serta Google AdSense.

Tips Tentang Google AdSense

Berikut ini beberapa tips yang bermanfaat untuk Anda:

Cari Cara untuk Menarik Traffic ke Website

Photo credit: Google

Satu rahasia dalam membangun website AdSense dengan sukses: tak ada yang akan mengunjungi website bila Anda tidak memberi mereka alasan untuk mengunjunginya.

Banyak pengguna pemula AdSense tidak memahami ini sama sekali. Mereka mengira menulis postingan 400 kata beberapa kali seminggu akan menarik ratusan ribu pengunjung ke situs mereka.

Beri alasan bagus agar pengunjung datang ke website Anda. Buat mereka ingin datang ke situs. Ada banyak cara melakukannya, tapi ini beberapa tipsnya:

  • Beritahu pengunjung bagaimana memecahkan masalah
  • Ciptakan konten unik dan menarik tentang subjek populer
  • Bagikan konten di media sosial
  • Posting sesuatu yang kontroversial
  • Gunakan taktik link baiting
  • Ciptakan website tentang niche topik dimana website lain telah lakukan sebelumnya
  • Coba jadi viral di media sosial, atau bagikan semua konten di media sosial untuk melihat mana yang orang suka.

Baca Juga : Cara Mendatangkan Traffic Real Human dari Berbagai Sosial Media dan Search Engine

Lakukan Riset Kata Kunci

Photo credit: Google

Riset kata kunci jadi bagian penting dari AdSense. Riset kata kunci memungkinkan Anda mengetahui tren penting. Riset kata kunci memungkinkan Anda menemukan niche yang orang lain tidak bicarakan.

Baca juga  Program Ratakan

Anda bisa gunakan sejumlah tool online untuk melakukan riset kata kunci. Google Keyword Planner adalah salah satu tool riset kata kunci populer, terutama karena informasinya berasal dari Google sendiri. Tapi ada banyak layanan online dan perusahaan SEO lain yang menawarkan tool kata kunci sendiri.

Ketika melakukan riset kata kunci, ada 4 hal yang perlu diperhatikan:

  • Rata-rata Cost Per Click (CPC). Ini mengindikasikan nilai rata-rata sebuah iklan AdSense di niche tersebut. Semakin tinggi rata-rata CPC, semakin banyak uang yang akan Anda hasilkan per kliknya.
  • Volume pencarian global bulanan. Volume pencarian global bulanan mengindikasikan jumlah pasti orang yang mencari kata kunci tertentu di rata-rata bulan.
  • Volume pencarian lokal bulanan. Hanay karena istilah pencarian didominasi oleh website internasional tidak berarti website itu akan muncul di tempat pertama pada peringkat pencarian di negara Anda. Lihat volume pencarian lokal untuk mengetahui apakah Anda bisa mengerucut kata kunci khusus di negara Anda. Volume pencarian lokal adalah jumlah orang yang mencari sebuah kata kunci tiap bulan di negara Anda.
  • Tren pencarian. Beberapa kata kunci akan populer di satu bulan, lalu hilang. Kata kunci lain bisa memuncak di waktu tertentu sepanjang tahun. Jangan tertipu oleh volume pencarian kata kunci tinggi atau rendah pada satu bulan saja, lihat lintasan volume pencarian kata kunci itu untuk mengetahui dimana posisinya nantinya.

Baca Juga : Cara Cepat Riset Kata Kunci yang Profitable

Kenapa Website Saya Belum Menghasilkan Uang dari AdSense?

Photo credit: Google

AdSense tidak membuat Anda kaya dalam waktu cepat. Anda tidak bisa membangun situs dalam satu hari, memasang iklan AdSense, dan menunggu sebulan, lalu membeli mobil mewah dari uang yang dihasilkan. Ini tidak akan terjadi demikian. Faktanya, setiap hari, ribuan orang di seluruh dunia mempertanyakan kenapa mereka tidak menghasilkan banyak uang dari Google AdSense.

Baca juga  Black Friday 2015 dari Ratakan dengan Diskon Gila

Jadi kenapa Anda tidak menghasilkan banyak uang? Apa hal berbeda yang perlu Anda lakukan? Berikut ini beberapa alasan sebuah situs tidak menghasilkan uang dari AdSense:

Tidak Ada Traffic ke Website Anda

Photo credit: Google

Traffic ibarat sumber kehidupan bagi website AdSense yang sukses. Tidak ada traffic berarti tidak ada klik, berarti tidak ada pendapatan.

Ada banyak alasan kenapa website Anda tidak menerima traffic. Beberapa sebab bisa mendasar bagi website Anda, yakni Anda memilih kata kunci yang salah atau volume niche yang rendah. Alasan lain bisa diperbaiki, marketing media sosial Anda mungkin cacat, Anda mungkin punyak konten yang  buruk, atau memilih web host yang lambat.

Apapun alasan untuk traffic yang buruk, Anda perlu atasi masalah ini sesegera meungkin. Semakin cepat Anda menarik lebih banyak traffic, semakin cepat Anda menghasilkan uang dari AdSense.

Baca Juga : Ini Cara Meledakkan Traffic Website Tanpa Ngiklan

Anda Tidak Memiliki Click Thru Rate yang Baik

Photo credit: Google

Click Thru Rate (CTR) adalah tingkat pengunjung mengklik iklan AdSense Anda setelah mengunjungi website Anda. Ini adalah persentase pengunjung yang mengklik iklan dan secara efektif memberi Anda uang.

Semakin tinggi CTR, semakin banyak Anda mengubah iklan menjadi uang. Ini melibatkan pengujian dan monitoring perilaku pengunjung Anda.

Baca Juga : Tips Sukses Menjadi Youtuber

Satu pemikiran pada “Cara Menghasilkan Uang Dari Google AdSense, Anda Tertarik?”

Tinggalkan komentar