Gunakan 5 Tips Ini untuk Memaksimalkan Fungsi Hashtag di Instagram

Hashtag merupakan simbol dalam bentuk tanda pagar (#). Mulanya penggunaan hashtag di sosial media diperkenalkan oleh Twitter sekitar pertengahan tahun 2009.

Seiring berjalannya waktu, penggunaan hashtag mulai populer dan digunakan di berbagai platform sosial media ternama yang lain, seperti Facebook dan Instagram. Jika Anda memasarkan produk atau jasa di sosial media, khususnya Instagram, maka penggunaan hashtag wajib Anda lakukan.

Apa Itu Fungsi Hashtag?

Hashtag berfungsi sebagai wadah untuk mengelompokkan suatu tema, topik, atau informasi tertentu ke dalam satu bahasan, sehingga memudahkan orang untuk menemukan informasi yang berkaitan.

Di digital marketing, hashtag berfungsi agar produk atau jualan Anda bisa mudah dicari dan ditemukan calon konsumen. Misalnya ketika ada orang yang mencari jasa desain logo di Instagram dengan hashtag #jasadesainlogo, maka Instagram akan menampilkan postingan-postingan yang mencantumkan hashtag tersebut.

Baca Juga : Cara Cepat dan Mudah Bikin Logo Profesional hanya Dengan Power Point Saja

Setiap hari ada jutaan foto dan video yang di-posting di Instagram, baik untuk tujuan bisnis maupun sekedar narsis. Dengan jumlah yang sangat banyak tersebut, tentu sangat sulit menemukan postingan yang sedang dicari.

Di sinilah hashtag berperan penting memudahkan orang untuk menemukan konten / postingan yang sesuai. Postingan-postingan yang masih berkaitan akan mengelompok dalam suatu hashtag tertentu.

Nah, Bagaimana Caranya Memaksimalkan Hashtag Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran?

Berikut ini 5 tips yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan fungsi hashtag di Instagram.

1. Gunakan Hashtag Tokoh Ternama

Gunakan hashtag dengan nama tokoh-tokoh ternama yang masih berkaitan dengan konten postingan / jualan Anda.

Misalnya jika Anda posting jualan baju muslim, Anda bisa menggunakan hashtag tokoh muslim ternama, seperti #ustadzabdulshomad, #ustadzadihidayat, #dianpelangi, dll.

Baca juga  Sederhanakan Link Affiliate Anda

Tokoh ternama tentu banyak pengikutnya dan ini bisa meningkatkan engagement postingan Anda.

2. Cek Hashtag Kompetitor

Anda bisa mengecek hashtag apa saja yang digunakan kompetitor bisnis Anda. Terutama mengecek hashtag kompetitor yang Anda anggap besar, engagement tinggi, dan memiliki pengikut yang banyak.

Anda bisa mencoba menggunakan hashtag-hashtag yang digunakan kompetitor tersebut, agar engagement postingan Anda bisa semakin meningkat.

3. Gunakan Hashtag Brand Anda

Jangan lupa gunakan juga hashtag dengan nama brand Anda. Tujuannya agar brand Anda bisa semakin booming dan dikenal banyak orang. Kombinasikan juga hashtag brand Anda dengan hashtag tokoh ternama dan hashtag yang digunakan kompetitor, agar semakin powerful.

Baca Juga : Tips Melejitkan Penjualan di Instagram Tanpa Ngiklan

4. Gunakan Hashtag yang Spesifik

Hashtag yang spesifik artinya hashtag yang jangkauannya tidak terlalu luas. Misalnya menggunakan hashtag #jasavideopromosi, #jasavideobandung, #jasavideoshooting, #jasavideoundangan daripada #jasavideo.

Hashtag yang spesifik jangkauannya tidak terlalu luas, sehingga membuat postingan Anda lebih mudah dicari dan ditemukan. Semakin spesifik hashtag yang Anda gunakan, maka jangkauannya lebih sempit dan tentu persaingannya tidak terlalu ketat.

Sebaliknya, semakin umum hashtag yang Anda gunakan, maka jangkauan nya semakin luas dan tentu persaingannya semakin ketat.

5. Perhatikan Jumlah Hashtag yang Anda Gunakan

Gunakan hashtag sewajarnya saja, tidak terlalu sedikit dan jangan terlalu berlebihan. Jika terlalu sedikit, misal hanya 3 hashtag saja akan mubadzir. Sebaliknya, jika terlalu banyak, misal hingga lebih dari 30 hashtag juga kurang baik, bisa dilihat sebagai spamming.

Nah, Berapa Jumlah Hashtag yang Ideal? Gunakan 10-15 hashtag saja. Misalnya menggunakan 15 hashtag dengan rincian 5 hashtag tokoh ternama, 5 hashtag brand sendiri, dan 5 hashtag yang digunakan kompetitor.

Baca juga  Mengapa Orang Mau Membeli Produk Anda?

Itulah fungsi hashtag dan cara memaksimalkan hashtag untuk marketing di Instagram. Jangan lupa share tulisan ini ke berbagai sosial media Anda, biar makin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

Oiya, jika Anda ingin memaksimalkan promosi di Instagram secara otomatis, Anda bisa menggunakan tools-tools dahsyat berikut ini :

1. Ratalite
2. Ratagram
2. Gramcaster
3. Viralpict

Tinggalkan komentar

DISKON KEMERDEKAAN

sampai 74%