Menggunakan Instagram Untuk Keperluan Bisnis

Popularitas yang semakin booming membuat Instagram bisa Anda manfaatkan untuk bisnis. Tapi bagaimana cara menggunakan Instagram untuk keperluan bisnis?

Berikut ini panduan memulai dan menciptakan strategi konten untuk membangun brand dan meningkatkan hasilnya.

Membuat akun Instagram untuk bisnis

Photo credit: Google

Bila Anda belum punya akun Instagram, membuat akun Instagram untuk bisnis cukup mudah:

  • Download aplikasi Instagram dari App Store untuk iOS, dari Google Play store untuk Android, atau dari Windows Phone Store untuk perangkat Setelah aplikasi terinstal, ketuk untuk membukanya.
  • Pilih “sign up,” lalu masukkan alamat email kemudian pilih “next.” Anda bisa juga memilih “Log in with Facebook” untuk masuk melalui akun Facebook.
  • Di aplikasi, cari “setting,” lalu gulung ke bawah dan pilih “Switch to Business Account.”
  • Setelah Anda punya akun bisnis, Anda bisa tambahkan informasi penting seperti jam bisnis, alamat, dan nomor telepon.

Berikut ini beberapa tips untuk mengoptimalkan profil Instagram untuk bisnis Anda:

Username dan bio

Photo credit: Google

Agar mudah ditemukan, username Anda di Instagram harus sama dengan username pada profil media sosial lain.

Informasi yang hanya muncul di profil publik adalah website Anda (yang bisa Anda ganti untuk kampanye promosi atau konten baru) dan bio pendek.

Gunakan bio untuk menjelaskan bisnis Anda dan apa yang orang bisa harapkan dari profil Instagram Anda. Anda juga bisa sertakan hashtag yang Anda ingin follower gunakan.

Foto profil

Photo credit: Google

Foto profil Instagram bisa berupa logo perusahaan. Menggunakan foto profil yang cocok dengan profil foto lain akan membantu Anda lebih mudah ditemukan, karena orang yang mengikuti Anda di Twitter atau Facebook akan dengan cepat mengenali brand Anda.

Gambar profil Instagram Anda akan di-crop menjadi berbentuk lingkaran pada aplikasi, jadi pastikan Anda memilih gambar yang akan terlihat bagus di bentuk ini. Meski gambar profil akan berdiameter 110 pixel pada aplikasi mobile, pilih gambar yang lebih besar karena akan muncul lebih besar pada website.

Dapatkan Tool Instagram Disini.

Mulai follow

Photo credit: Google

Untuk meningkatkan kehadiran bisnis Anda di Instagram, Anda perlu follow banyak pengguna. Cari influencer di industri Anda, pelanggan dan orang lain yang relevan dengan brand dan ikuti mereka.

Baca juga  Ingin Berhenti Merokok? Coba Beberapa Tips Ini

Demografik Instagram sangat bervariasi, jadi pastikan Anda tahu siapa yang jadi target Anda. Gunakan hashtag industri dan buat kehadiran Anda diketahui dengan berkomentar pada foto dan follow orang yang berpartisipasi di diskusi ini. Anda akan terkejut betapa cepat ini bisa memperluas follower di Instagram.

Promosikan akun Anda

Photo credit: Google

Tambahkan tombol Instagram pada website atau profil media sosial lain untuk promosi. Anda bisa juga mengirim pesan meminta follower di jejaring sosial juga mengikuti Anda di Instagram.

Menetapkan tujuan untuk bisnis di Instagram

Photo credit: Google

Semua usaha yang Anda lakukan di Instagram harus diarahkan ke tujuan yang strategis. Apa yang bisnis Anda harapkan dengan menggunakan Instagram? Buat tujuan, misalnya:

  • Meningkatkan penjualan produk
  • Mengarahkan traffic ke website
  • Meningkatkan brand awareness
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Mengidentifikasi dan menjalin hubungan dengan influencer.

Apapun target yang akan Anda capai, tujuan Instagram Anda perlu spesifik, terukur, dan relevan.

Baca artikel lainnya tentang hobi yang bisa mengatasi stres.

Membuat strategi konten di Instagram

Photo credit: Google

Secara sporadis menggunakan Instagram, acak me-like beberapa foto, dan memposting gambar close up hewan peliharaan untuk keempat kalinya dalam seminggu tak masalah untuk perorangan yang menggunakan platform ini.

Tapi Anda perlu punya rencana marketing yang lebih baik untuk Instagram bila Anda ingin membangun komunitas yang kuat dan melihat hasil nyata untuk bisnis Anda. Strategi Anda harus mencakup 4 hal penting.

1. Seberapa sering dan kapan posting

Photo credit: Google

Anda perlu punya jadwal posting yang teratur, tapi jangan memborbardir follower dengan terlalu banyak postingan.

Cara paling cerdas untuk mengetahui mana yang paling berhasil untuk bisnis Anda adalah dengan menguji postingan di interval waktu yang berbeda dan lalu melihat hasilnya.

Baca juga  8 Tips Lancar Wawancara Kerja

Setelah Anda tahu yang terbaik, membagikan kalender konten jadi cara terbaik untuk mengetahui apa yang akan diposting dan kapan.

2. Tema konten

Tema konten yang bervariasi akan membuat menarik perhatian follower Anda dan membantu Anda memperoleh target berbeda.

3. Panduan style

Photo credit: Google

Apakah Anda menggunakan emoji pada caption? Apakah ada panduan tata bahasa yang brand Anda ikuti? Apa hashtag yang Anda gunakan? Jenis foto apa yang Anda posting? Apakah ada petunjuk visual yang tiap postingan perlu patuhi? Panduan style harus mencakup semua cara yang membuat brand konsisten dan terlihat berbeda.

4. Panduan engagement

Panduan ini mencakup bagaimana dan kapan bisnis Anda berinteraksi dengan akun lain di Instagram, mulai dari like dan berkomentar pada foto orang lain hingga merespon komentar yang masuk ke akun Anda.

Membangun brand Instagram untuk bisnis Anda

Photo credit: Google

Instagram adalah tentang visual, jadi bangun identitas brand yang kohesif dan dikenali. Berikut ini beberapa cara melakukannya:

Buat visual yang konsisten

Sebanyak 60 persen brand ternama di Instagram menggunakan filter yang sama untuk tiap postingan.

Dengan menggunakan filter yang sama berulang kali, Anda bisa ciptakan style yang akan dikenal oleh follower Anda.

Karena tujuan Anda adalah membuat pengguna Instagram berhenti scrolling ketika mereka melihat gambar Anda (agar like atau berkomentar), semakin cepat foto Anda dikenali, semakin baik.

Aplikasi edit foto mobile bisa memberi Anda filter tambahan atau pilihan editing untuk membantu Anda menemukan style yang tepat. Foto yang telah diedit atau difilter masih bisa diimport ke Instagram.

Pilih subjek Anda

Photo credit: Google

Secara visual Anda perlu putuskan konten apa yang jadi fokus pada konten Anda. Pada beberapa kasus, kontennya sudah jelas, sebuah clothing line akan menunjukkan pakaian, restoran akan posting foto makanan.

Baca juga  Tips Dasar Merawat Rambut

Tapi Anda tak perlu jadi brand lifestyle untuk posting konten tentang lifestyle.

Gunakan hashtag

Akan ada elemen non visual untuk ditambahkan pada brand Instagram Anda, seperti bahasa yang umum atau style untuk caption. Teknik yang populer adalah hashtag. Ini tidak berarti cukup gunakan nama perusahaan Anda sebagai hashtag. Ini tentang menciptakan hashtag yang mendorong follower membagikan foto Anda.

Kreatif dengan konten Instagram

Photo credit: Google

Ambil gambar, tambahkan filter, dan posting, begitu bukan? Ini mungkin berhasil ketika Instagram masih baru, tapi platform ini kini menawarkan banyak kesempatan untuk bisnis membagikan konten yang interaktif dan menarik perhatian.

2 pemikiran pada “Menggunakan Instagram Untuk Keperluan Bisnis

Tinggalkan komentar