Jangan Bisnis Kuliner Sebelum Tahu Hal Ini

Jangan Bisnis Kuliner Sebelum Tahu Hal IniMenjalankan sebuah bisnis mungkin merupakan salah satu hal yang tepat untuk dijadikan sumber penghasilan. Bagi yang ingin menjalankan sebuah bisnis atau usaha memang banyak sekali hal yang perlu dipikirkan, dimulai dari jenis hingga bagaimana cara membuat usaha ini dapat berjalan dengan lancar. Menjadi seorang pelaku bisnis memang dapat dikatakan dipenuhi dengan berbagai tantangan, tidak terkecuali bagi seseorang yang menjalankan usaha kuliner. Kuliner sendiri merupakan sebuah bidang usaha yang berkecimpung di dunia makanan. Dapat dikatakan menjalankan usaha ini merupakan pilihan tepat, karena makanan adalah kebutuhan pokok yang sangat penting. Sama seperti bisnis lainnya, usaha dalam bidang kuliner ini juga membutuhkan banyak strategi pemasaran. Hal ini sendiri dipengaruhi karena masyarakat ingin merasakan sebuah makanan yang memiliki rasa yang lezat dan juga menyehatkan, selain itu juga makanan yang terlihat menarik juga dapat membuat masyakat penasaran akan rasanya. Bagi seorang pelaku usaha ini sendiri, tentu saja membutuhkan beberapa tips dan trick agar dapat menarik masyarakat untuk mencicipi makanan yang dibuatnya.

Cara Memulai Bisnis Kuliner Bagi Para Pemula

Bagi Anda yang memang tertarik untuk dapat menjalankan bisnis pada bidang kuliner, tentu harus mengetahui beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan. Beberapa hal tersebut merupakan cara atau tips bagaimana memulai sebuah usaha kuliner yang tepat bagi para pemula. Cara-cara yang akan dijelaskan dibawah ini akan membantu Anda untuk dapat menjalankan bisnis dengan lancar. Berikut adalah caranya :

  1. Mengetahui Pasaran

Mengetahui tentang pasaran dalam sebuah bisnis kuliner sangatlah penting. Anda harus dapat membedakan pasaran yang ada pada sebuah bisnis. Dalam bisnis sendiri ada bisnis segment dan bisnis secara luas, di mana kedua bisnis ini sendiri harus dapat dipilih dengan baik. Semisalnya untuk pasaran yang luas Anda membuat sebuah usaha kuliner menjual martabak. Martabak sendiri merupakan salah satu jenis jajanan kue yang memang sangat digemari oleh masyarakat, namun jika ingin mendapatkan perhatian dari para pembeli tentu Anda membutuhkan inovasi pada jualan Anda. Buatlah sebuah inovasi yang dapat Anda lakukan dengan usaha martabak Anda, agar orang dapat melihat perbedaannya dan menjadi tertarik membeli martabak yang Anda jual. Sedangkan untuk pasaran segment adalah jika Anda ingin membuka usaha masakan korea. Dalam hal ini sendiri, Anda harus dapat melihat siapa saja kira-kira yang akan menyukai masakan ini. Setelah itu juga harus memikirkan bagaimana cara agar kuliner korea yang menjadi bisnis Anda ini dapat dikenali atau diketahui oleh masyarakat luas.

  1. Keunikan
Baca juga  Lebih Dari 40 Produk Digital Diskon Selama 3 Hari !!

Dalam sebuah usaha kuliner juga diperlukan sebuah keunikan tidak hanya dari segi makanan yang dijual itu saja, akan tetapi juga dari beberapa masalah pemasaran dengan menuliskan hal yang dapat menarik perhatian. Hal ini sendiri biasa disebut dengan Unique Selling Propotion (USP).  Ada beberapa contoh USP yang sering kali digunakan, seperti “Berdiri Semenjak 1920”, “Dibuat dengan 13 Bahan rempah pilihan”, dan lain sebagainya.

  1. Membangun Relasi Dengan Para Customer

Customer dalam sebuah usaha kuliner adalah hal terpenting, di mana tanpa adanya customer tentu saja sebuah bisnis tidak dapat dijalankan. Membangun sebuah hubungan relasi yang baik dengan customer sendiri merupakan salah satu hal yang paling penting agar dapat membuat customer lebih dihargai serta senang berkunjung ke restoran atau warung makan Anda. Untuk dapat membangun relasi yang baik dengan para customer Anda, ada 4 hal yang harus diketahui dan dapat dilihat di bawah ini :

  • Transactional

Merupakan salah satu cara di mana sebuah usaha dalam bidang kuliner yang mempunyai urutan pesan, antar, bayar baru ke customer. Dalam artian yang lebih jelas adalah customer harus memesan terlebih dahulu makanan yang diinginkan, menunggu di depan kasir dan baru membayar, lalu yang terakhir adalah diperbolehkan untuk makan. Bisnis kuliner yang menggunakan cara ini adalah seperti KFC, McDonald, dan sebagainya.

  • Self Service

Cara ini sendiri biasanya dapat ditemui di warung-warung makan yang mempunyai konsep merakyat. Di mana para customer akan datang dan mengambil sendiri makanan yang sudah tersaji dan ditunjukan kepada kasir baru dibayar. Cara ini sering kali ditemukan di usaha kuliner yang mempunyai pasar menengah kebawah, namun bukan berarti beberapa restoran besar tidak melakukan sistem ini. Hanamasa merupakan satu dari restoran terkenal yang menerapkan sistem Self Service ini sendiri.

  • Automated Service
Baca juga  4 Tips Sukses Dalam Membangun List Building

Untuk cara ini dapat ditemukan di minimarket-minimarket yang ada. Di mana customer hanya perlu mengambil makanan siap saji yang sudah dipajang dan meminta kasir untuk memanaskannya. Indomaret dan Family mart merupakan salah satu tempat yang mempunyai sistem relasi ini.

  • Communites

Cara membangun relasi dengan customer yang satu ini merupakan salah satu yang pada saat ini sering ditemukan. Di mana sebagai pelaku bisnis kuliner Anda akan lebih mengedepankan sebuah tempat yang dapat menjual. Maksudnya adalah sebuah tempat yang dapat membuat para customer nyaman dan betah. Para pelaku bisnis ini biasanya akan membuat tempat dengan berbagai desain yang sangat menarik dan juga membuat para customer akan selalu ketagihan untuk dapat mengunjunginya. Tempat-tempat ini biasa disebut dengan cafe, seperti Starbuck atau The Coffe Beans.

  1. Melayani Customer Dengan Menggunakan Teknologi

Cara terakhir untuk dapat menjalankan sebuah usaha kuliner yang terakhir adalah dengan memanfaatkan digital marketing. Digital marketing pada saat ini sangatlah berkembang dengan sangat pesat, terlebih lagi dalam melakukan pencarian informasi dan juga kemudahan komunikasi. Jika pada jaman dahulu mencari sebuah tempat usaha perlu memperhatikan lokasi yang strategis agar dapat dilihat oleh orang yang lalu lalang, pada saat ini hal tersebut tidaklah begitu mempengaruhi. Anda dapat memanfaatkan berbagai fitur teknologi yang ada pada jaman sekarang. Ada beberapa fitur yang sangat membantu bisnis kuliner Anda agar dapat lebih dikenal masyarakat dengan sangat cepat, seperti lokasi tempat Anda membuka usaha sudah terdaftar dalam Google Bisnis. Anda dapat mendaftarkan lokasi ke dalam Google Bisnis di mana dengan menggunakan fitur ini sendiri, Anda dapat memasang berbagai informasi yang berhubungan dengan usaha makanan Anda. Selain mendaftarkan lokasi dengan fitur yang disediakan oleh Google, Anda dapat juga menggunakan salah satu aplikasi seperti Gojek dan Grab yang dapat menjadi sarana antar makanan yang Anda buat langsung ke customer.

Baca juga  8 Makanan Untuk Menurunkan Berat Badan

Peluang Bisnis Kuliner Yang Menjanjikan

Jika Anda memang ingin membuka sebuah usaha kuliner tentu saja mencari peluang bisnis yang pada saat ini sedang digandrungi. Pada jaman sekarang ada beberapa makanan yang dapat menarik minat dari berbagai kalangan dengan menggunakan kuliner yang bervariasi. Salah satu yang paling menguntungkan pada saat ini adalah makanan yang berasal dari negara lain seperti Jepang atau Korea, di mana kedua negara tersebut memang mampu menarik para penggemar J-pop dan K-pop yang ada di Indonesia. Selain itu, Anda juga dapat menjual berbagai macam camilan yang tidak akan lekang oleh waktu, seperti gorengan atau berbagai macam makanan seperti martabak mini, pisang coklat atau singkong keju.

Tinggalkan komentar

Pengin Dapat Passive Income? Download GRATIS Ebook "Rahasia Passive Income dari Produk Digital"

Bikin Sekali, Untungnya Berkali-Kali.

Dengan ini Anda akan otomatis berlangganan Newsletter dari Blog Ratakan.