13 Kebiasaan Pengusaha Yang Efektif dan Perlu Ditiru

Ada beberapa hal kecil, tapi jadi bagian penting, yang pengusaha sukses lakukan di rutinitas sehari-hari mereka. Kebiasaan ini membuat mereka menonjol dibanding yang lain. Ketika bicara kesuksesan, seorang pengusaha mungkin dianggap lebih cerdas, lebih berbakat, atau punya akses lebih ke sumber yang memberi keuntungan mereka.

Tapi, pengusaha lebih unggul dibanding teman dan kolega karena mereka berkomitmen pada kebiasaan-kebiasaan kecil, yang memberi mereka dorongan untuk maju. Berikut ini kebiasaan pengusaha yang efektif yang perlu ditiru:

Mereka terhidrasi

Photo credit: Google

Untuk bisa berfungsi dengan baik, pengusaha sukses memulai hari dengan terhidrasi. Setelah mereka minum kopi atau teh, mereka mulai minum air putih. Mereka sadar kalau tetap terhidrasi membantu mempertajam memori, mood jadi stabil, dan motivasi tetap tinggi.

Mereka berolahraga

Photo credit: Google

Ada pemahaman keliru kalau orang sukses punya kebebasan untuk berolahraga kapan saja mereka mau, tapi ini tidak benar untuk orang yang sangat sibuk. Dengan semua tugas yang harus dikerjakan, bisa hampir tidak mungkin untuk berolahraga, atau bahkan di lokasi yang sama setiap hari.

Yang penting bukan kapan atau dimana mereka berolahraga, atau bahkan berapa lama yang jadi masalah, tapi yang penting adalah mereka melakukannya. Mereka berolahraga karena olahraga terbukti meningkatkan fungsi kerja otak dan membuat mereka lebih cerdas. Juga karena menghindari stres dan manfaat kesehatan. Mereka tidak akan mengorbankan kesempatan untuk meningkatkan kemampuan otak untuk tetap tajam.

Bersiap menghadapi hari

Photo credit: Google

Pengusaha efektif selalu siap menghadapi hari. Meski mereka sangat sibuk, mereka menerima ini dan mereka mempersiapkannya. Semakin mereka merasa siap, mereka jadi semakin percaya diri, rileks, dan bisa berfungsi dengan baik.

Mereka mempersiapkan daftar, tujuan, pertemuan, apa yang akan dimakan, tidur, pakaian yang akan dikenakan, rencana perjalanan, waktu untuk olahraga, keluarga, dan teman.

Baca juga  Lebih Dari 40 Produk Digital Diskon Selama 3 Hari !!

Mereka melibatkan orang lain

Banyak pengusaha merasa karena mereka mandiri, mereka tidak perlu meminta bantuan orang lain. Tapi pengusaha yang efektif menyadari untuk menjadi sukses bukan tugas satu orang. Semakin banyak orang yang ada di dalam team yang punya misi yang sama, semakin inovatif dan sukses jadinya.

Mereka menyadari keterbatasan yang dimiliki, dan melibatkan orang lain untuk membantu melengkapi mereka sebagai manusia untuk mencapai tingkat kesuksesan yang lebih tinggi.

Mereka punya waktu untuk diri sendiri

Photo credit: Google

Untuk menjadi sukses membutuhkan pengorbanan. Pengusaha efektif perlu waktu untuk diri sendiri untuk bisa mengisi ulang energi. Mereka meluangkan waktu di tengah jadwal harian dan menganggap waktu untuk diri sendiri sama pentingnya dengan waktu untuk bertemu orang lain. Mereka memahami kalau untuk bisa hadir untuk orang lain, mereka pertama perlu punya koneksi kuat dengan diri sendiri.

Mereka bergabung dengan kelompok di luar pekerjaan

Photo credit: Google

Ada kehidupan di luar kantor dan pengusaha efektif menyadari hal ini. Mereka melibatkan diri di semua kelompok yang sesuai selera mereka baik berupa yoga, ibadah, atau keseruan lain. Kelompok ini membuat mereka keluar dari “mode bisnis” menjadi kondisi yang lebih rileks dimana mereka bisa menikmati hasil dari kerja keras mereka.

Ini juga membuat mereka terkoneksi dengan orang yang tidak ada hubungannya dengan bisnis mereka, tapi memperkaya kehidupan mereka. Keterlibatan di kelompok-kelompok seperti ini memberi mereka keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan.

Mereka mengabaikan orang berpikiran negatif

Photo credit: Google

Semakin sukses seorang pengusaha, semakin banyak orang merasa iri dan berpikiran negatif terhadapnya. Tapi pengusaha efektif tidak mempedulikan ini. Kesuksesan besar dicapai dengan kerja keras, abaikan orang yang iri atau berpikiran negatif tentang Anda.

Baca juga  Ketika Mengalami Kegagalan Dalam Bisnis, Apa Yang Harus Dilakukan?

Mereka menghargai waktu

Photo credit: Google

Pengusaha efektif menghargai waktu sebagai komoditas paling berharga. Mereka memahami untuk harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Karenanya mereka merencanakan liburan, cuti, atau keperluan lain.

Karena mereka punya waktu untuk menikmati hidup, mereka lebih sukses dibanding pengusaha yang bekerja tanpa henti, terus mengonsumsi kafein, nikotin, dan makanan siap saji untuk terus bekerja. Waktu untuk diri sendiri penting bagi pengusaha sukses.

Mereka menghadapi dan mengatasi kekacauan

Photo credit: Google

Perjalanan menuju kesuksesan akan ada hambatan sebagai bagian dari prosesnya. Kesalahan terjadi, mereka perlu memecat orang, mereka kehilangan uang, dan sebagainya. Ada masa frustasi dan kegagalan. Tapi mereka tidak merasa malu menerima kenyataan ini. Masalah adalah hal yang perlu mereka pelajari, hadapi, dan atasi. Tiap menghadapi kekacauan, dan dihadapi dengan baik, berarti satu langkah maju menuju impian mereka.

Mereka mencari dukungan

Pengusaha efektif melihat diri mereka sebagai pelajar. Bukan tugas mudah menjadi yang terbaik dalam apa yang mereka lakukan, tapi obat yang mereka butuhkan adalah dukungan yang mereka dapat dari orang lain.

Pengusaha efektif terus belajar dan tumbuh, dan penting untuk belajar dari orang sukses lainnya. Juga penting menjalankan peran ini untuk orang lain. Mereka yakin semakin mereka memberi bantuan dan dukungan ke orang lain, semakin mudah perjalanan kesuksesan yang diraih.

Mereka punya motivasi dan informasi

Photo credit: Google

Pengusaha sukses tidak pernah tanpa  kutipan motivasi, buku, audiobook, atau seminar. Mereka terus mencapai tujuan dan menentukan langkah selanjutnya. Bila mereka punya pertanyaan, mereka mencari sumber yang dibutuhkan untuk memberi jawaban yang diperlukan.

Mereka berpikir di luar kotak

Photo credit: Google

Di dunia saat ini, kebanyakan pengusaha sukses punya waktu sama 24 jam dan akses yang sama terhadap informasi seperti orang lain. Mereka berbeda karena punya pemikiran yang tidak sama seperti orang lain.

Baca juga  Teknik Brainstorming Yang Perlu Anda Tahu Untuk Menghasilkan Ide Bisnis Brilian

Mereka berpikiran terbuka

Photo credit: Google

Pengusaha sukses menyadari, tidak semua akan berjalan lancar, dan karena alasan ini mereka melatih diri untuk punya perilaku yang ceria. Mereka tahu pentingnya tertawa bagi diri sendiri.

Mereka tahu semakin mereka terbuka untuk apa yang ada di depan mereka, semakin jelas mereka melihat di bagian mana mereka punya kontrol dan dimana mereka tidak. Keterbukaan ini membantu mereka memiliki solusi yang mereka butuhkan dan juga tahu kapan waktunya berhenti mengontrol dan melepas sesuatu.

60 Menit Jadi Pengusaha, sebuah produk pembelajaran untuk melatih banyak orang menjadi pengusaha sukses dengan modal dan risiko yang kecil namun untung yang besar bahkan tak terbatas. Cocok untuk siapapun, baik yang belum pengalaman dan ingin menjadi pengusaha, maupun yang sudah pengalaman dan ingin memperbesar usahanya.

Tinggalkan komentar

Pengin Dapat Passive Income? Download GRATIS Ebook "Rahasia Passive Income dari Produk Digital"

Bikin Sekali, Untungnya Berkali-Kali.

Dengan ini Anda akan otomatis berlangganan Newsletter dari Blog Ratakan.