Kesalahan Umum Dalam Proses Akunting Yang Terjadi di Bisnis Berskala Kecil

Proses akunting dalam bisnis berskala kecil tidak hanya tentang membuat pembukuan untuk tujuan pajak, tapi jadi alat penting untuk menghemat pengeluaran dan mengidentifikasi penyalahgunaan serta penipuan.

Itu sebabnya penting bagi pemilik bisnis untuk mempekerjakan tenaga akunting profesional, bukan mengerjakan pembukuan sendiri atau mendelegasikan tugas ke staf yang tidak berpengalaman. Perusahaan yang sukses sekalipun bisa bangkrut karena kesalahan akunting yang menyebabkan pajak tidak terbayar, penipuan atau penggelapan.

Kesalahan paling umum dalam akunting perusahaan

Photo credit: Google

Kesalahan proses akunting mencakup kesalahan matematika dasar, memasukkan data yang tidak tepat, serta gagal mendokumentasikan pengeluaran dan pemasukan. Kesalahan akunting berikut yang paling umum terjadi di bisnis berskala kecil:

Kerapihan dan keteraturan

Photo credit: Google

Dalam akunting, keteraturan jadi hal penting. Ini berarti menyimpan tanda terima untuk semua pengeluaran, menggunakan kartu debit atau kredit untuk pengeluaran, membuat pembukuan yang update, mencatat pengeluaran kas secara akurat, dan tidak mencampur antara keuangan personal dan bisnis.

Sebagai pemilik bisnis yang sibuk, Anda mungkin saja mengambil supply untuk bisnis sambil melakukan belanja pribadi. Tapi penting untuk memisahkan tanda terimanya. Bila ada tanda terima untuk semua pengeluaran, auditor tidak akan mempertanyakannya.

Menunda pekerjaan

Photo credit: Google

Pemilik bisnis kecil punya banyak tugas sehingga menunda urusan akunting hingga akhir pekan atau akhir bulan. Ini strategi yang berisiko karena Anda akan mudah lupa dengan laporan yang harus diisi, pembayaran pajak penjualan, tagihan pembayaran, dan bahkan menagih pelanggan sejumlah uang yang Anda hutangi.

Tagihan yang terlambat berarti hutang yang tidak dibayar dan kesalahan dalam invoice yang akan sulit dibuktikan bila sudah lewat tanggalnya.

Anda bisa kena denda bila terlambat mengisi laporan atau kehilangan kesempatan finansial karena pembukuan tidak diperbaharui. Bila Anda kesulitan atau tidak punya waktu mengurus pembukuan, akan lebih berisiko melakukan kesalahan yang menimbulkan kerugian.

Baca juga  Mengenal Perbedaan Antara Blog dan Website

Mempekerjakan staf kantor yang salah

Photo credit: Google

Bila orang yang bertanggung jawab mengerjakan pembukuan tidak tahu apa yang ia lakukan, Anda yang akan menanggung akibatnya. Tak akan ada pegawai, kerabat, atau teman yang peduli tentang pembukuan selain Anda.

Risiko dari mempekerjakan orang yang tidak profesional adalah mereka bisa mudah melakukan aktivitas kriminal seperti penggelapan atau penipuan.

Tidak mau mendelegasikan pekerjaan

Photo credit: Google

Pemilik bisnis kecil sering kali tidak mau mendelegasikan pembukuan ke akunting profesional yang berpengalaman, tapi pertumbuhan bisnis bergantung pada kemampuan kritis untuk membiarkan profesional lain menangani apa yang di luar kompetensi bisnis Anda.

Simpelnya, Anda harus bisa membiarkan orang lain melakukan tugas mereka ketika Anda melakukan tugas Anda. Beberapa pemilik bisnis punya kualifikasi dalam akunting, strategi pajak, serta manajemen aset bisnis. Tapi Anda membutuhkan saran ahli dan akuntan berpengalaman untuk memaksimalkan income dan mengurangi pajak.

Tidak menganggap pembukuan sebagai hal yang serius

Photo credit: Google

Kunci untuk akunting yang efektif adalah mencatat semuanya, mulai dari transaksi kecil hingga pembayaran besar dari pelanggan dan klien. Penting untuk memastikan semuanya tercatat dan dikategorikan dengan benar di akun Anda.

Seberapapun ukuran perusahaan Anda, menganggap serius proses akunting memberi Anda gambaran akurat dan tepat tentang kesehatan perusahaan serta membantu Anda menentukan dengan pasti seberapa baik atau buruk performa Anda di jangka waktu tertentu.

Mulai dari mengkategorikan jenis aset dan hutang hingga melakukan cek pembukuan dan akunting bulanan, bisa dipastikan sistem pembukuan dan akunting yang ditangani serius jadi kunci untuk membuatnya aman secara finansial.

Lupa mencatat transaksi kecil

Photo credit: Google

Bagaimana bisnis Anda mengurus transaksi kecil? Anda mungkin mengira transaksi kas tidak penting, tapi perusahaan sangat membutuhkan catatan untuk semua pengeluaran.

Baca juga  Tips Menggunakan LinkedIn Untuk Marketing

Ini terutama penting untuk lingkungan retail, dimana banyak transaksi dilakukan secara tunai. Juga penting mencatat transaksi kecil seperti membayar kiriman pos, bahkan bila harganya tidak signifikan.

Perhatikan transaksi-transaksi kecil agar jauh lebih mudah untuk mengatur yang besar. Dengan memiliki catatan transaksi kecil, Anda bisa mudah mengatur pembukuan ketika perusahaan berkembang dan jumlah transaksinya meningkat.

Tidak menentukan anggaran yang jelas untuk tiap projek

Photo credit: Google

Apakah perusahaan Anda memulai projek tanpa menentukan anggaran yang jelas? Mengerjakan projek tanpa tahu berapa banyak biayanya akan membuat perusahaan mengeluarkan lebih banyak dari yang seharusnya.

Gagal menganggarkan juga membuat sulit untuk mengendalikan projek yang biayanya lebih besar dari yang seharusnya. Ini bisa menyebabkan perusahaan menghabiskan dana yang tidak menghasilkan keuntungan.

Ketika bisnis mulai meningkat, Anda akan menyadari selalu ada pengeluaran untuk terus beroperasi. Ini membuat mudah mengatur budget untuk projek yang cukup besar dan meraih kesuksesan tanpa jadi berlebihan.

Komunikasi yang buruk

Photo credit: Google

Komunikasi yang buruk antara Anda dan staf pembukuan bisa menyebabkan kesalahan serius di laporan dan menyebabkan banyak hal, termasuk data finansial yang tidak akurat.

Anda bisa lupa kalau Anda telah membayar bonus seseorang secara tunai atau memberi diskon tunai kecuali Anda mencatat dan menyerahkannya ke staf pembukuan.

Teknologi tidak mencegah kesalahan akunting karena pada prinsipnya “garbage in, garbage out.” Orang yang memasukkan angka akunting di software dan aplikasi teknologi perlu memasukkannya dengan benar dan di waktu yang tepat. Staf pembukuan perlu tahu kapan mengarsipkan dokumen dan bagaimana menerjemahkan fakta tentang aset, pajak, dan lainnya.

Bila Anda ingin memaksimalkan keuntungan dari penjualan dan pengeluaran, Anda perlu pekerjakan staf akunting berpengalaman atau layanan pembukuan untuk segera mengurus pembukuan untuk membantu menghindari kesalahan. Juga pastikan prosedur dan proses yang semestinya dan ciptakan komunikasi yang terbuka dan produktif.

Baca juga  Kesalahan Dalam Marketing Menggunakan Media Sosial

Anda sedang mencari jasa akuntansi atau jasa pembukuan untuk bisnis Anda?

Photo credit: Google

Solusinya ada di Jasa Akuntansi Publik di Yogyakarta. Kami tidak hanya melayani daerah Yogyakarta saja, namun juga kota Solo dan kota Semarang serta seluruh wilayah di daerah Jawa Tengah.

Layanan jasa akuntansi yang kami sediakan antara lain:

  • Pembuatan laporan keuangan (pembukuan)
  • Neraca
  • Laba Rugi
  • Arus Kas
  • Jurnal
  • Pendampingan sistem informasi akuntansi online
  • Audit Internal
  • Pelatihan dan training akuntansi untuk tim internal
  • Konsultasi manajemen keuangan

Jika Anda ingin segera menyusun pembuatan laporan keuangan dengan rapi dan akuntabel serta ingin segera mengetahui kondisi dan posisi keuangan usaha Anda, termasuk berapa harga jasa konsultan akuntansi, segera gunakan jasa akuntansi dan pembukuan kami.

Tinggalkan komentar