Cara Membuat Klien dan Pelanggan Merasa Dihargai

Pernahkah Anda menemukan bisnis yang sangat mengagumkan sehingga Anda memberitahu siapa saja tentang betapa bagusnya bisnis ini meski Anda tidak membeli apapun?

Ini bukan tentang pegawai yang memperlakukan Anda dengan baik karena tiap bisnis harus melakukannya. Itu hanya layanan pelanggan biasa. Tapi ini tentang bisnis bisnis yang membuat Anda merasa seperti orang VIP.

Bagaimana cara mereka melakukannya? Bagaimana kita bisa meniru ini dan membuat klien dan pelanggan merasa sangat dihargai?

Berikut ini cara Anda bisa membuat klien dan pelanggan merasa dihargai, bahkan di level yang lebih personal, sebagai bagian dari bisnis Anda.

Ingat, klien juga manusia

Photo credit: Google

Tiap orang suka bila dikenali bahkan dengan cara yang sederhana. Satu hal yang bisa Anda lakukan adalah mamastikan Anda memperlakukan klien seperti orang sebenarnya, bukan seperti robot di layar komputer.

Cari tahu kapan klien merayakan ulang tahun agar Anda bisa membantu merayakannya. Bila sesuai dengan model bisnis Anda, tawarkan diskon spesial.

Ini tidak hanya membantu Anda meningkatkan penjualan tapi juga membuat mereka merasa Anda menghargai mereka dan bisnis mereka. Untuk menambah kesan personal, gunakan tanda tangan ketika Anda mengirim email ke mereka.  Anda juga bisa kirimkan karangan bunga ketika mereka sakit atau berduka.

Berikan perhatian personal

Photo credit: Google

Bila klien menjalankan bisnis bersama Anda secara online, bukan di toko fisik, jangan menyerang mereka dengan email dan telepon. Anda bisa membuat mereka merasa kecewa bila mereka merasa Anda menekan mereka yang bisa menyebabkan Anda kehilangan bisnis dengan mereka.

Mencoba menyeimbangkan perhatian personal tanpa melampaui batas kadang sulit, tapi ini untuk memberitahu mereka Anda hadir untuk mereka dan kebutuhan mereka. Anda harus ada untuk mereka agar mereka tahu Anda ada untuk membantu mereka.

Baca juga  Tips Mempersiapkan Kehamilan

Sapa mereka menggunakan nama dan buat mereka merasa kalau mereka adalah prioritas Anda. Mereka akan merasa dihargai dan ini bisa membawa mereka kembali melakukan bisnis bersama Anda.

Berterima kasih pada mereka

Photo credit: Google

Kapanpun Anda bisa, ucapkan terima kasih ke klien karena telah berbisnis dengan Anda. Sekali lagi, Anda tak perlu berlebihan karena ini jadi di luar jalur. Selalu lakukan dengan tulus ketika Anda berterima kasih karena klien dan pelanggan bisa melihat kepalsuan dengan mudah, yang bisa membuat mereka merasa dibohongi. Bila Anda ingin memperoleh loyalitas dari klien dan pelanggan, Anda perlu bersikap otentik.

Satu cara untuk berterima kasih ke klien dan pelanggan adalah menawarkan sesuatu yang spesial di musim liburan, seperti kartu ucapan. Ingat, mereka jadi alasan Anda ada di bisnis ini jadi buat mereka merasa dihargai.

Buat daftar VIP

Photo credit: Google

Bila Anda punya beberapa klien yang sangat loyal pada Anda dan banyak melakukan bisnis dengan Anda, masukkan mereka ke daftar VIP. Anda bisa adakan sale spesial hanya untuk mereka, atau membuka bisnis selama jam tutup untuk event spesial VIP. Tentunya, Anda masih harus memperlakukan semua klien dan pelanggan seperti raja dan ratu.

Dengarkan feedback

Photo credit: Google

Dengan mengumpulkan sedikit informasi dari klien, Anda bisa tahu apa yang mereka suka dan tidak suka. Melakukan ini memungkinkan Anda membuat perubahan sehingga Anda tidak hanya meningkatkan penjualan tapi membuat mereka merasa sangat dihargai. Anda bisa juga gunakan informasi ini untuk memberitahu mereka ketika ada produk atau layanan baru yang mereka akan suka. Selalu cari cara untuk meningkatkan apa yang Anda tawarkan.

Menjadi pelanggan mereka

Photo credit: Google

Salah satu cara untuk membuat klien merasa dihargai adalah mengubah posisi dan menjadi pelanggan mereka. Bila klien juga punya bisnis atau produk, ingatkan diri ketika Anda butuh layanan atau produk yang mereka sediakan. Bila mereka tahu Anda melakukan bisnis di luar kota atau dengan orang lain yang bukan pelanggan Anda, mereka bisa mencari orang lain juga untuk menjalankan bisnis.

Baca juga  10 Kesalahan Umum Dalam Beriklan Yang Perlu Anda Hindari

Menjadi layak untuk mereka

Photo credit: Google

Untuk membuat klien Anda merasa spesial, Anda harus menjadi sesuatu yang spesial juga. Bila Anda punya toko, Anda perlu membersihkan dan menatanya dengan baik. Anda perlu pencahayaan yang baik, musik, atau suhu ruangan yang tepat untuk memanjakan klien dan pelanggan agar berada di toko lebih lama dan belanja lebih banyak.

Gunakan tas belanja khusus untuk mereka selama liburan dan hari ulang tahun. Lakukan apa saja untuk membuat toko atau bisnis Anda spesial karena pelanggan layak mendapatkannya.

Bila Anda melakukan bisnis online, bukan di lokasi fisik, pastikan website dan mobile website selalu update. Buat mereka semudah mungkin melakukan bisnis dengan Anda dengan membuat perubahan dan update yang dibutuhkan.

30 Menit mahir desain grafis. Kini Anda tak perlu lagi beli software yang mahal harganya. Tanpa software yang ribet, tanpa photoshop, Anda pun bisa membuat gambar yang fresh dan menarik.

Berkomunikasi

Photo credit: Google

Berikan informasi ke klien dan pelanggan tentang apa yang baru dalam bisnis Anda. Beritahukan kalau Anda menawarkan produk atau layanan baru ketika mereka datang. Apa Anda berencana mengadakan sale dan promosi khusus? Kirim undangan atau newsletter untuk memberitahu pelanggan. Sertakan sale promosi dengan item terbatas untuk memberitahu mereka produk yang Anda tawarkan adalah produk spesial.

Memperlakukan pegawai dengan baik

Photo credit: Google

Anda bisa mencapai tujuan bisnis salah satunya dengan memperlakukan pegawai sebaik Anda memperlakukan pelanggan. Apa ada pegawai atau staf yang Anda pekerjakan di bisnis Anda? Bila ya, Anda perlu memperlakukan mereka seperti emas.

Punya team yang bagus bisa meningkatkan bisnis Anda. Ketika pegawai merasa dihargai, mereka akan bekerja untuk Anda. Perlakukan mereka dengan baik. Ucapkan terima kasih karena bekerja untuk Anda.

Baca juga  8 Kebiasaan Content Creator Sukses Yang Bisa Anda Tiru

Bila perlu, puji mereka di depan yang lain tanpa berlebihan dan terlihat palsu. Hargai ide kreatif mereka atau ketika mereka melakukan tugas dengan baik.

Bersikap proaktif

Photo credit: Google

Ketika pelanggan menghubungi Anda tentang sebuah masalah, segera atasi dan pastikan tidak lagi ada masalah yang akan jadi kendala bagi mereka.

Baik berupa sale yang menguntungkan pelanggan atau edisi produk yang baru dirilis, memberitahu pelanggan tentang apa yang mungkin mereka inginkan akan membantu membuat mereka merasa spesial.

Segera memberi respon

Photo credit: Google

Dengan banyaknya tool untuk mengirim pesan dengan cepat, akan terasa aneh bila pelanggan perlu menunggu beberapa hari sebelum mendapat respon dari pertanyaan sederhana. Staf penjualan dan layanan konsumen Anda harus ada selama jam kerja  untuk menjawab pertanyaan dan memberi bantuan yang dibutuhkan. Email harus dijawab dalam hitungan jam, meski respon pertama berupa pesan otomatis.

Semakin banyak pelanggan menggunakan media sosial untuk terhubung dengan bisnis, baik dengan membagikannya atau mendapat informasi. Beberapa perusahaan menggunakan platform messenger Facebook untuk memberitahu detail pengiriman dan update pemesanan. Ini memudahkan pelanggan untuk melakukan follow up bila mereka punya sesuatu yang perlu ditanyakan.

Tinggalkan komentar