Platform Blogging Terbaik Untuk Pemula

Anda baru saja mulai blogging dan masih mencari-cari platform blogging yang tepat?  Setidaknya ada 5 platform untuk blogging untuk pemula yang bisa diakses gratis.

Sekarang ini hampir tiap orang tidak berhenti mengirim tweet, update Facebook dan memberi komentar. Tapi ada juga orang yang ingin punya hasil tulisan yang lebih reflektif, dan lebih bisa dibagikan.  Dan ada platform blogging untuk memulainya:

WordPress

Photo credit: Google

Di WordPress Anda bisa dengan cepat membuat blog dari awal, dengan sejumlah penyesuaian. Kebanyakan hositng web menyediakan instalasi WordsPress dengan satu kali klik, dan Anda bisa peroleh lebih banyak informasi tentang apa yang ada di WordPress.

Pendatang baru bisa merasa WordPress sedikit membingungkan awalnya, tapi ini jadi pilihan gratis terbaik untuk siapapun yang membutuhkan penyesuaian dan kenyamanan.

Bahkan WordPress menjadi platform yang populer dengan mencapai 24 persen dari seluruh website.

WordPress juga sangat baik untuk Search Engine Optimization (SEO). SEO merupakan praktik untuk membuat peringkat blog Anda tinggi di hasil pencarian seperti Google. Semakin tinggi peringkat Anda, semakin banyak pembaca yang Anda peroleh.

Anda bisa memperoleh kontrol lengkap untuk tampilan blog Anda. Anda bisa mengatur pilihan huruf, warna, dan gambar sampul buku Anda. Kekurangannya adalah Anda butuh kemampuan teknis untuk memperoleh manfaat penuh dari fleksibilitas ini.

Fleksibilitas di WordPress

Photo credit: Google

Fleksibilitas ini memungkinkan Anda menambahkan fitur ke blog seperti:

  • Forum
  • Toko online
  • Membership

Itu sebabnya kenapa WordPress jadi salah satu dari platform blogging terbaik. WordPress adalah pilihan tepat untuk blogger yang ingin mengembangkan blog yang lebih kompleks untuk jangka panjang.

Meski platform ini bebas digunakan, ada biaya untuk hosting dan mengamankan nama domain Anda.

Baca juga  Sekilas tentang Entrepreneur Gathering 5

Karena sifatnya yang open source, Anda juga perlu punya hosting dan keamanan. Hosting berarti memberi blog Anda tempat untuk hidup online. Ini bisa membuat pusing blogger yang tidak mahir komputer.

Blogger

Photo credit: Google

Di Blogger Anda bisa nikmati layanan gratis untuk blogging. Anda perlu sign in dengan GoogleID, dan Anda bisa menjalankannya dalam hitungan detik, kemudian menikmati desain yang baru.

Blogger jadi pilihan tepat untuk penggunaan non teknis atau mereka dengan waktu terbatas. Anda bisa bagikan konten ke seluruh dunia dengan sangat cepat. Blogger menyediakan rute yang sangat singkat dari menulis konten hingga publikasi.

Baca artikel lainnya tentang tips menciptakan konten yang banyak dibagikan di media sosial.

Medium

Photo credit: Google

Medium digagas oleh pendiri Twitter. Medium merupakan platform penerbitan online dengan lebih dari 60 juta pengguna aktif setiap hari.

Anda bebas bergabung di Medium. Sign up untuk terhubung ke Google atau Facebook, dan pembaca juga bisa meng-upgrade keanggotaan sehingga memiliki akses lebih luas untuk kontennya.

Medium memungkinkan Anda mengimpor kerja Anda dari mana saja di web, dan secara efektif kembali menerbitkannya di platform mereka. Dengan satu kali klik, pekerjaan Anda bisa disalin dari website personal Anda ke Medium.

Anda tidak akan menerima penalti konten duplikat dengan memanfaatkan fitur ini, karena sindikasi konten berbeda dengan konten duplikat.

Dalam hal SEO, Medium akan sangat membantu. Anda bisa menyesuaikan judul, mengedit dokumen, dan memindahkan gambar. Anda bisa mengubah konten setelah mengimpornya ke Medium.

Blogger Newbie. Panduan lengkap ebook tutorial step-by-step bagaimana membuat blog secara expert dengan mengajarkan Anda jenis promosi blog yang sering digunakan di internet marketing.

Wix

Photo credit: Google

Wix merupakan platform blogging bagus lainnya untuk menciptakan website yang menarik. Dengan banyak drag and drop template dan hosting situs gratis, Wix jadi salah satu blog situs gratis untuk memulai blog baru.

Baca juga  Pembayaran Menggunakan Payment Gateway iPaymu

Wix mudah digunakan dan pemula bisa nikmati beragam fitur.

Bagaimana memulai blog di Wix?

Photo credit: Google
  • Pertama, klik “Start Now” yang akan mengarahkan Anda ke halaman login. Karena Anda baru di Wix, klik “Sign Up” yang bisa Anda temukan di bawah “Log In.”
  • Masukkan alamat email dua kali dan atur password, masukkan password lagi untuk konfirmasi. Sekarang Anda bisa memilih jenis website yang ingin Anda ciptakan: business, designer, photography, blog, dan sebagainya.
  • Anda bisa pilih jenis mana saja, lalu Anda akan dibawa ke halaman dengan dua pilihan, Creat with Wix ADI atau Wix Editor. Wix ADI adalah Artificial Design Intelligence pada Wix yang bisa menciptakan desain unik untuk Anda berdasarkan informasi yang Anda sediakan. Sedangkan Wix Editor menyediakan drag and drop editor. Sebagai pemula, Anda bisa pilih Wix ADI.
  • Lalu Anda akan berada di halaman dimana Anda bisa menentukan pilihan: minimal, clean, serene, serene, classic, horizon atau chic. Setelah itu, Wix ADI akan mengerjakan semuanya untuk Anda, menciptakan homepage Anda.
  • Sekarang Anda sudah punya homepage yang sudah siap. Untuk menambahkan konten atau melakukan penyesuaian, cukup klik pada area yang Anda ingin sesuaikan dan kotak akan muncul di sisi kiri. Sesuaikan dengan keinginan Anda.
  • Selanjutnya, klik tombol “Publish” yang jadi langkah akhir Anda. Ada dua pilihan di sana, FREE Wix.com domain atau customized domain. Pilih free option dan website Anda jadi live. Anda bisa melihat situs online Anda dan alamat situsnya seperti username.wix.com/mysamplesite.

Tumblr

Photo credit: Google

Tumblr sebenarnya adalah platform microblogging, lebih mirip ke Twitter dibanding WordPress. Tumblr diciptakan di awal tahun 2007, dan telah menjadi fenomena internet di seluruh dunia. Tumblr mengumpulkan 426 juta pengguna hingga Juli 2018.

Baca juga  Tips Agar Startup Bisa Bertahan di Dua Tahun Pertama

Tumblr gratis dan Anda bisa memilih beragam tema gratis. Tema premium tersedia dengan variasi harga dari $9 sampai $49. Untuk biaya tambahan, tema premium menawarkan kontrol penyesuaian dan administratif.

Kemudahan Tumblr

Photo credit: Google

Tumblr mudah digunakan dan Anda bisa membuat sendiri jadwal postingan dan menyatukannya dengan Google Analytics. Mungkin aset paling berharga dari Tumblr adalah komunitas yang sangat aktif. Ini membuat Anda lebih mudah memperoleh audiens, menjawab pertanyaan dari pembaca dan re-blog  konten pengguna lain.

Untuk bisa berhasil di Tumblr, Anda harus beradaptasi dengan formatnya yang relatif unik. Algoritma Tumblr lebih suka postingan yang berat pada gambar dan ringan pada tulisan. Bila Anda ingin menggunakan Tumblr untuk menulis artikel panjang tanpa gambar, maka Anda akan kesulitan membangun audiens.

Tapi Tumblr lebih cocok untuk brand yang menarik secara visual yang punya gambar berkualitas tinggi untuk dibagikan.

Di Tumblr tidak ada widget atau plugin untuk meningkatkan fungsi platform, misalnya. Selain itu, Tumblr biasa digunakan sebagai pelengkap untuk menjangkau penggunanya.

 

Tinggalkan komentar