11 Tips Menjaga Kesehatan di Tempat Kerja

Selama 8 jam, 5 hari dalam seminggu, duduk di depan komputer, bisa berdampak pada tubuh Anda. Mulailah menghindari mata lelah, sindrom leher kaku, dan mengurangi cemilan tidak sehat di atas meja kerja.

Para ahli menyarankan beberapa tips untuk membantu Anda tetap sehat di tempat kerja. Berikut ini beberapa diantaranya:

Jangan lupa sarapan

Photo credit: Google

Sarapan sangat penting untuk gaya hidup sehat. Sarapan memberi Anda energi yang Anda butuhkan untuk menjalani aktivitas hingga tengah hari, dan ini membantu mencegah Anda mengonsumsi makanan tidak sehat.

Cemilan sehat

Photo credit: Google

Cemilan yang Anda sediakan di meja kerja bisa menambah beberapa ratus kalori ke pola makan harian bila Anda tidak hati-hati, dan ini dapat menambah berat badan yang tidak diinginkan.

Mungkin Anda tidak berpikir demikian, tapi bila Anda tahu seseorang yang punya permen di meja kerjanya, menjauh dari mejanya agar Anda tidak merasa tergoda untuk menikmatinya. Yang Anda butuhkan adalah menghirup udara segar dan hindari permen. Atau bila Anda lapar, makan buah, seperti cherry atau anggur.

Biasanya orang berusaha menurunkan berat badan di tempat kerja, jadi lebih baik makan buah daripada permen. Dan coba apakah Anda bisa membantu mengganti permen yang dibawa rekan kerja dengan sesuatu yang lebih sehat.

Minum yang cukup

Photo credit: Google

Minum jumlah air yang cukup, yakni 8 sampai 10 gelas sehari, yang bisa membantu membuat Anda terhidrasi. Banyak makanan menjadi sumber air yang baik, buah seperti jeruk, anggur, semangka, dan apel bisa membantu Anda sehat dan terhidrasi.

Ngemil di jam 3 sore yang banyak orang lakukan di kantor bisa karena dehidrasi, jadi minum banyak cairan. Bawa botol minum ukuran sekitar 500 ml ke kantor dan coba habiskan saat makan siang, dan lalu isi lagi dan habiskan di jam 3 sore, di jam 5 habiskan botol ketiga.

Baca juga  Cara Menggunakan Facebook Live dari Perangkat Mobile

Tips lain dengan mengatur alarm komputer agar Anda ingat waktunya untuk mengisi ulang botol minum.

Olahraga

Photo credit: Google

Salah satu hal paling penting yang bisa Anda lakukan selama jam kerja agar sehat adalah dengan berolahraga. Jalan kaki saat istirahat makan siang jadi cara yang tepat. Anda tidak hanya membakar kalori, tapi Anda menghilangkan stres dan menyegarkan diri.

Cari teman yang bisa Anda ajak jalan kaki, orang yang bisa memaksa Anda meski Anda merasa terlalu sibuk. Bila Anda tidak bisa keluar selama makan siang, parkir kendaraan agak jauh dari biasanya agar Anda bisa berjalan kaki ke kantor di pagi dan sore hari, atau lakukan kebiasaan untuk menggunakan tangga daripada lift.

Makan sehat

Photo credit: Google

Konsumsi makan siang yang sehat jadi bagian penting dari pola makan seimbang. Tapi makan di porsi  yang tepat jadi bagian penting untuk kesehatan Anda.

Makanlah makanan sehat di tempat kerja, tapi juga kontrol porsinya agar Anda tidak mengonsumsi terlalu banyak kalori dan lalu duduk di kursi sepanjang siang. Sering kali, yang jadi masalah bukan karena Anda makan makanan yang tidak sehat, tapi Anda makan terlalu banyak.

Misalnya, pizza bukannya tidak baik,  tapi karena orang memakannya sebanyak 3 atau 4, dan disitulah masalahnya. Sebaiknya, bagi potongan pizza bersama teman, dan lalu makan salad yang berisi sayuran.

Hindari Tension neck syndrome (TNS)

Photo credit: Google

Tension neck syndrome (TNS) bisa terjadi ketika leher dan bahu atas berada di posisi yang kaku untuk waktu yang lama. Kondisi ini bisa terjadi pada orang di tempat kerja yang bicara ditelepon sepanjang hari atau banyak mengetik.

Anda perlu pastikan leher tidak menekuk ke salah satu sisi untuk waktu lama. Tension neck syndrome bisa menyebabkan leher dan bahu terasa sakit dan otot mengencang. Jadi gunakan speakerphone atau headset ketika menggunakan telepon di tempat kerja.

Baca juga  Tujuan Pelatihan Digital Marketing

Menghindari mata lelah

Photo credit: Google

Keluhan pada mata jadi masalah lain yang bisa dialami ketika banyak bekerja di depan komputer. Mata lelah bisa menyebabkan sakit kepala, sulit fokus, dan meningkatkan sensitivitas pada cahaya.

Untuk mencegah mata lelah, jarak ke layar dari mata harus sekitar satu lengan. Anda juga bisa dengan nyaman membaca apa yang ada di layar komputer di jarak ini, tanpa harus menyipitkan mata.

Bila Anda tidak bisa membaca layar dari jarak satu lengan, cukup tingkatkan ukuran tulisan di komputer.

Liburan

Photo credit: Google

Ini jadi tips yang semua orang sukai.  Berlibur penting untuk tetap sehat di tempat kerja. Berlibur dari aktivitas kerja ibarat mengisi ulang baterai. Liburan membantu menurunkan stres dan membuat pikiran berhenti bekerja, terutama bila Anda punya konflik seperti masalah dengan bos, rekan kerja, atau projek.

Stres bisa merusak sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko penyakit, jadi mengurangi stres sangat penting, dan untungnya, liburan adalah cara untuk melakukannya.

Pasang foto atau kata-kata inspiratif di area kerja

Photo credit: Google

Buat papan buletin sendiri untuk mengingatkan Anda untuk menjaga kesehatan agar bisa bekerja dengan baik.

Hindari jam kerja yang panjang

Photo credit: Google

Cara lain untuk tetap sehat di kantor adalah menghindari jam kerja yang panjang. Kadang orang fokus pada tugas dan menyelesaikan projek, dan mereka tidak menyadari dampaknya pada kesehatan. Mereka tidak sadar hingga stres sudah sangat tinggi, dan mempengaruhi kesehatan dan mood. Ini menyebabkan stres lain yang juga bisa mengganggu tidur dan kemampuan untuk berkonsentrasi.

Menjaga kebersihan

Photo credit: Google

Keyboard, mouse, dan telepon bisa mengandung banyak kuman dan menunggu Anda untuk menyebarkan penyakit. Jadi gunakan disinfektan.

Menurut penelitian, virus bisa bertahan selama berjam-jam di atas permukaan. Untuk virus seperti rotavirus (virus diare) di permukaan gagang telepon, dosis infeksinya bisa dengan mudah menjangkit seseorang yang menggunakan telepon.

Baca juga  Pelayanan Ratakan Selama Libur Cuti Bersama Idul Fitri 1439H

Untuk membersihkan benda ini, sebaiknya gunakan pembersih disinfektan yang terbukti efektif melawan berbagai virus.

Apa yang paling penting yang bisa Anda lakukan untuk tetap sehat di kantor? Mulailah dengan kesadaran diri.

Kenali diri, kenali batasan Anda, dan lakukan yang terbaik yang Anda bisa dalam bekerja. Ketahui kapan harus istirahat dan kapan Anda membutuhkan liburan. Dan lakukan olahraga, yang akan membantu kesehatan fisik dan mental, baik di kantor atau di rumah.

Tinggalkan komentar