5 Tips SEO yang Simpel Agar Website Anda Memiliki Peringkat Lebih Baik di Google

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
office-625893_1280

Banyak orang menganggap kalau SEO itu Sulit. Padahal sebenarnya anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Konfigurasi SEO dasar sangat mudah diterapkan dan Anda bisa melakukannya sendiri. Berikut ini 5 tips simpel yang bisa Anda praktekkan untuk mengoptimasi website agar website Anda bisa tampil lebih baik di hasil pencarian Googl

1. Optimalkan Judul, URL, dan Deskripsi

Ini mungkin jadi tips paling tua di industri SEO tapi masih sangat penting. Coba lihat contoh berikut dan tanyakan pertanyaan berikut:

Photo credit: Google

Photo credit: Google

  • Mana yang lebih deskriptif?
  • Mana yang lebih menarik dan lebih ramah bagi pengguna?
  • Mana memberi Anda ide tentang isi website tanpa mengklik?
  • Bila Anda melihat keduanya di hasil pencarian, yang mana yang akan Anda pilih?

Pasti contoh pertama yang jadi jawaban Anda untuk pertanyaan-pertanyaan di atas dan ini bisa jadi karena:

  • Judul yang unik dan punya arti
  • Deskripsi yang menarik
  • URL yang diformat dengan baik.

Pastikan website Anda menggunakan cara ini dan bila ada kesempatan untuk perbaikan di judul dan deskripsi, ini adalah prioritas utama dan jadi tips tepat pertama untuk mendapat peringkat lebih baik di hasil pencarian.

Baca Juga : Tips Meledakkan Traffic Website dari Real Human 24 Jam Nonstop

2. Sediakan Konten yang Bermanfaat dan Segar

Photo credit: Google

Satu alasan memiliki website atau blog adalah untuk menyediakan konten untuk membangun audiens, membuat pembaca senang, atau mendapat pelanggan baru. Konten berarti apa saja mulai dari artikel, video, infografik, slideshow, musik, komentar, review, atau apa saja yang sesuai dengan niche Anda.

Bila konten Anda statis, lama, atau usang, maka kemungkinan besar pengunjung akan dengan cepat pergi dan tidak akan pernah kembali.

Apa reaksi pertama Anda ketika mengunjungi website yang punya konten yang usang?

Ini sama persis seperti ketika pengguna mengunjungi website Anda. Beberapa tahun lalu mungkin mengupdate konten tidak jadi faktor SEO yang penting, tapi ini telah berubah karena kompetisi.

Ada kompetisi besar di tiap pencarian kata kunci dan website yang punya konten yang paling segar dan bermanfaat, punya kesempatan lebih untuk memenangkan perlombaan.

Apa ini berarti Anda harus memposting konten baru setiap hari? Tidak berarti demikian. Srategi publikasi bergantung pada sejumlah faktor lain juga.

3. Tingkatkan Kecepatan Waktu Loading Website Anda

Photo credit: Google

Bila ini pertama kalinya Anda membaca kalau kecepatan halaman penting untuk SEO, maka segera setelah membaca postingan ini Anda perlu lakukan apa saja yang dibutuhkan untuk meningkatkan waktu loading website Anda.

Bila telah membaca tentang hal ini sebelumnya dan belum melakukan apapun, Anda telah melakukan sebuah kesalahan besar.

Karena langkah ini penting, berikut untuk membuatnya sederhana:

  • Kecepatan halaman adalah faktor penting dalam peringkat halaman. Bila Anda punya dua website serupa dan salah satu lebih cepat dari yang lain, maka kemungkinan website yang lebih cepat akan punya peringkat lebih tinggi.
  • Website yang cepat menghasilkan lebih banyak konversi. Ini berarti lebih banyak penjualan, lebih banyak pelanggan RSS, dan lebih banyak klik pada iklan Anda (bila Anda menggunakan Adsense).
  • Lebih banyak page view. Ketika website loading lebih cepat pengguna lebih mungkin mengunjungi lebih dari satu halaman sebelum mereka pergi.

Bagaimana Anda Bisa Meningkatkan Kecepatan Website?

Memang ini bukan tugas mudah terutama bila Anda bukan orang yang memahami teknisnya, tapi penting untuk memprioritaskan kecepatan halaman.  Jangan tunda lagi.

Baca Juga : Saatnya Anda Meledakkan Penjualan & Banjir Order Setiap Hari Tanpa Ngiklan

Bila Anda tidak bisa menggunakan jasa profesional untuk membuat wesite loading lebih cepat, yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Hindari gambar besar
  • Hindari file Java Script yang tidak dibutuhkan
  • Gunakan sprites ketimbang gambar kecil untuk mengurangi http redirect
  • Berpindah ke provider hosting yang lebh cepat
  • Gunakan layanan Content Delivery Network (CDN).

4. Pastikan Website Anda Mobile Friendly

Photo credit: Google

Ada banyak alasan kenapa website harus mobile friendly. Pertama dan yang paling penting adalah kebanyakan pengguna berasal dari mobile (smartphone / tablet).

Bila Anda memeriksa laporan Google Analytics, terutama bagian Mobile Overview, Anda akan lihat lebih dari 70 persen traffic berasal dari mobile. Ini berarti bila website tidak dioptimasi untuk mobile viewing, orang-orang  akan meninggalkan website Anda dan mungkin tidak akan kembali lagi.

Yang kedua, Google telah memperkenalkan mobile-first index, yang digunakan untuk mengindeks website mobile. Perlahan indeks mobile ini akan melayani semua pengguna mobile. Bila website tidak mobile friendly, maka tidak akan jadi bagian Google mobile index dan ini berarti penurunan besar dalam traffic.

Apa yang Harus Anda Lakukan? Ada 3 langkah sederhana seperti berikut ini :

  • Uji website Anda dengan Google Mobile Friendly Test dan coba implementasikan rekomendasi mereka untuk membuat website mobile friendly.
  • Pastikan konten yang Anda tunjukkan ke pengguna mobile sama (sangat dekat) dengan konten yang Anda punya di website desktop. Ini mencakup konten, gambar, dan link. Bila Anda sudah punya website responsif, maka ini bisa jadi tidak lagi jadi masalah.
  • Tes website dengan Google mobile speed test. Seperti telah disebutkan di atas, kecepatan penting untuk SEO tapi untuk website mobile, ini juga penting. Ukur berapa lama yang dibutuhkan untuk loading halaman di koneksi mobile normal (3G) dan lakukan semua tindakan yang dibutuhkan untuk meningkatkan kecepatan sebisa mungkin.

Baca Juga : Strategi & Teknik Jitu Membuat Webite Anda Kebanjiran Traffic dari Search Engine

5. Registrasi Website dengan Webmaster Tool Google dan Bing

Photo credit: Google

Tidak mendaftarkan website di webmaster tool seperti mengemudi dengan mata tertutup. Ini memang benar, dan tidak ada alasan valid untuk tidak memanfaatkan informasi yang diberikan oleh Google dan Bing.

Beberapa orang meyakini dengan tidak mendaftarkan website di Google Anda bisa menyembunyikan sesuatu dan hilang dari radar mereka lalu mencapai peringkat atas hasil pencarian.

Tidak ada permainan petak umpet, peringkat bagus untuk jangka panjang hanya bisa dicapai bila Anda mengikuti metode dan teknik yang valid. Sebagai catatan, Google sudah tahu siapa saja yang perlu mereka ketahui dengan atau tanpa mengirim website ke webmaster tool.

Setelah Anda melewati proses registrasi dan melakukan beberapa konfigurasi dasar, Anda akan mendapat notifikasi apakah ada masalah dengan website dan juga mulai mencari beberapa fakta menarik tentang website Anda seperti:

  • Jumlah halaman indeks
  • Jumlah link yang datang
  • Crawl error
  • Jumlah link internal.

Baca Juga : Formula Dahsyat Menjadikan Website Anda Mendominasi Halaman Pencarian Google Hanya dalam Hitungan Hari

Kelima tips di atas simpel, tapi di waktu yang sama juga jadi hal yang sangat penting. Bila Anda menjalankan blog, toko ecommerce, atau website dengan konten dan Anda tidak mendapat traffic dari mesin pencari, maka Anda perlu pastikan telah menerapkan 5 tips di atas dengan benar. Segera praktekkan dan cek hasilnya!

Share This Article

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
  • Wah..terimakasih gan ..tips seo nya sangat bermanfaat bagi saya..
    Suka sekali dengan Ratakan yg selalu menghadirkan berbagai produk digital yg sangat bermamfaat..
    Terimakasih ratakan.com

PT. RATAKAN MEDIA KREASI

Perum Gentan Citra Indah Blok H-6 

RT. 03 RW. 14, Sukoharjo, JAWA TENGAH 57556 Indonesia

[email protected]