Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogspot untuk Pemula

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
blogspot

Cara Membuat Blog dengan Blogspot

Cara Membuat Blog dengan Blogspot – Blogspot atau blogger merupakan sebuah platform blog yang cukup eksis di tahun 2010. Meskipun tergolong lawas dan jadul, blogger masih banyak peminatnya hingga kini. Hal tersebut terbukti dilihat dari urutan CMS terpopuler, blogspot menduduki peringkat ke-10. Lalu bagaimana cara membuat blog dengan blogspot?

Peluang Bisnis Online dengan Blog

Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogspot

Di era serba online ini, peluang bisnis semakin terbuka lebar salah satunya yaitu menjadi blogger. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dalam bidang ini, terlebih jika Anda cukup produktif serta gigih sehingga trafik akan melimpah ke blog.

Apabila dalam sehari ada sekitar 1.000 kunjungan ke blog Anda, akan ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan untuk bisa menghasilkan keuntungan seperti menjual suatu produk affiliate, membuka bisnis dalam bidang jasa membuat blog hingga pemasangan iklan.

Namun untuk bisa sampai di titik itu, ada baiknya untuk menguasai terlebih dahulu bagaimana cara menjadi blogger yang aktif dan bisa menghasilkan. Seperti mempelajari tentang adsense, affiliate serta cara membuat blog dengan blogspot lainnya. Sehingga dengan begitu semua akan berjalan lebih mudah.

Cara Membuat Blog Gratis dengan Blogspot

Peluang Bisnis Online dengan Blog

Blog pada umumnya bersifat personal namun tidak memiliki batasan untuk ruang lingkup tertentu serta bisa membahas apapun, fleksibel dan bisa menjadi sebuah tempat dalam hal berbagi informasi. Berikut cara membuat blog gratisan dengan blogspot :

Baca Juga : Blogspot Landing Page Builder

1. Buka Halaman Web Blogger.com

Tampilan pertama akan muncul sebuah perintah login ke google. Jika Anda sudah mempunyai sebuah akun, langsung saja masuk, apabila belum memiliki akun, maka harus daftar terlebih dahulu dengan klik Create New Account.

2. Isi Data

Kemudian isi data-data serta informasi sesuai permintaan, lalu klik next step dan lakukan konfirmasi. Umumnya verifikasi dilakukan dengan cara menginput kode yang dikirim melalui sms ke nomor ponsel terdaftar.

3. Login Ulang

Apabila proses pembuatan akun google sudah selesai dan berhasil, maka buka kembali blogger.com. Kemudian login dengan menggunakan akun yang sudah Anda buat tadi dan tunggu sebentar hingga masuk ke dalam jendela web blogger.com.

4. Buka Menu Blog

Saat sudah berhasil masuk kedalam website blogger.com maka langkah selanjutnya yaitu buka menu blog baru lalu klik untuk memulai pembuatan blog. Pastikan sebelum proses membuat anda sudah benar-benar mengetahui konsep blog yang ingin dibuat.

5. Isi Judul Blog

Kemudian isi judul blog sesuai dengan konsep ataupun tema keinginan Anda, lalu masukkan alamat blog dimana nantinya akan berperan dalam mengantar pengunjung ke blog. pilihlah nama yang menarik serta mudah diingat.

6. Pilih Template

Pilihlah sebuah template yang tersedia serta usahakan sesuai dengan tema atau konsep blog Anda guna membuat tampilan menjadi lebih menarik. Apabila sudah merasa cocok dengan displaynya maka langsung saja klik buat blog.

Pilihan : 65 Desain Template Minisite Blogspot

7. Isi Tampilan

Apabila proses pembuatan blog sudah selesai, maka tahap selanjutnya ialah menentukan isi yang akan ditampilkan di didalamnya. Buatlah sebuah kalimat pendek untuk menggambarkan blog tersebut serta berguna dalam menyambut kedatangan pengunjung dengan klik New Entry.

8. Sesuaikan Konten

Pada halaman ini Anda bisa mulai mengisi blog dengan berbagai macam konten, selama masih sesuai dengan syarat dan ketentuan. Adanya batasan tersebut dikarenakan konten tidak hanya dikonsumsi untuk pribadi, melainkan khalayak umum yang berkunjung.

9. Isi Artikel

Buat lah sebuah artikel yang menarik atau mencari tahu apa sedang banyak dicari. Tambahkan lah gambar-gambar atau ilustrasi pada tulisan supaya konten di dalam blog Anda menjadi lebih hidup.

10. Selesai

Pahami tentang kegunaan serta fungsi dari setiap button atau tombol yang ada pada blog guna mempermudah segala urusan Anda. Jika semuanya sudah selesai klik perintah publikasikan. Jika ingin melakukan peninjauan, maka klik saja lihat blog. Cara membuat akun blogspot pun selesai.

Mungkin Perlu Belajar WordPress juga klik di sini

Cara Membuat Artikel Blog di Blogspot

Panduan Membuat Blog di Blogspot

Artikel merupakan salah satu konten tulisan yang pada umumnya ada pada sebuah blog. Untuk pembuatannya tidak begitu sulit, sama seperti ketika Anda sedang menggunakan di microsoft office. Dan berikut cara menulis artikel blog di blogspot.

1. Mulai Membuat Artikel

Untuk memulai pada tahap ini, klik tombol entri baru yang terdapat di dashboard blog, kemudian pilih postingan. Pahami terlebih dahulu mengenai menu atau toolbar post agar mempermudah proses pembuatan artikel.

Jika Anda sering menggunakan Microsoft office, maka bukan perkara sulit untuk memahami toolbar post dikarenakan memiliki fungsi yang sama seperti memasukkan video, gambar, link, mengatur rata text dan sebagainya.

2. Mode Penulisan

Pada tahap ini, pastikan Anda memahami terlebih dahulu tentang mode pada penulisan post. Mode pertama yaitu, compose dimana hanya bisa menulis sebuah artikel dengan hanya memanfaatkan menu pada toolbar post.

Kemudian ada mode HTML. Jenis ini memungkinkan dapat membuat sebuah artikel atau postingan dengan memakai sebuah kode HTML. Apapun yang dibuat menggunakan mode compose maka bisa diterjemahkan ataupun dikonversi menjadi format HTML.

3. Pengaturan Posting

Label post merupakan sebuah fitur yang digunakan pada mengelompokkan post ke dalam suatu kategori tertentu. Selain itu, penting untuk mengatur jadwal atau waktu publish (penerbitan) artikel dengan cara otomatis ataupun manual.

Selanjutnya yaitu membuat tautan. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan url pada post atau artikel yang akan di publish secara permanen otomatis ataupun khusus. Kemudian tentukan sebuah lokasi, seperti negara dan lainnya untuk menentukkan target blog Anda.

Peluang Penghasilan Menjadi Blogger

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Ada banyak orang yang ingin mencari tahu cara menjadi blogger karena peluang didalamnya cukup tersedia serta secara penghasilan sangat menjanjikan. Blogger profesional tidak hanya mengandalkan satu sumber saja untuk bisa menghasilkan uang melainkan dengan berbagai cara. Berikut ulasannya:

1. Publisher atau Menayangkan Iklan

Blogger profesional memiliki tiga strategi dalam menjalankan dan mengelola sebuah iklan. Pertama yaitu membangun authority blog. Strategi ini bisa dijalankan apabila sudah memiliki sekitar 3.000 visitor atau lebih. Hal ini bertujuan agar klien menjadi lebih yakin akan feedback yang didapat.

Kemudian strategi kedua yaitu blogger mengajukkan sebuah proposal untuk bisa bekerja sama dengan suatu perusahaan untuk pemasangan iklan. Dan strategi terakhir ialah menggunakan google adsense jika sudah tidak ada pilihan dalam mengelola iklan.

2. Affiliate Marketing atau Mempromosikan Produk

Peluang penghasilan blogger berikutnya ialah affiliate marketing atau mempromosikan produk-produk pihak lain dengan bayaran sesuai dengan ketentuan awal atau biasanya komisi didapat pada saat produk berhasil terjual.

Ada dua metode yang bisa digunakan dalam program afiliasi. Pertama yaitu menjadi broker online, dengan begitu blogger bekerja dalam naungan pebisnis. Kemudian cara kedua ialah bergabung bersama affiliate network seperti amazon, ebay, click bank dan lain-lain.

Masih ada banyak jalan untuk blogger bisa menghasilkan uang, tergantung bagaimana mengelolanya. Itulah tadi pembahasan mengenai cara membuat blog di blogspot yang menarik serta berbagai macam penjelasan lainnya seperti membuat artikel dan peluang penghasilannya.

Share This Article

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on linkedin
Linkedin
Share on email
Email
There are currently no comments.

PT. RATAKAN MEDIA KREASI

Perum Gentan Citra Indah Blok H-6 

RT. 03 RW. 14, Sukoharjo, JAWA TENGAH 57556 Indonesia

[email protected]

%d blogger menyukai ini: